Tentang Pinnacle Tech Vision

Pinnacle Tech Vision dengan pengalaman dan keahlian dalam Teknologi Informasi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang IT Solution, yang memiliki visi untuk meningkatkan produkstifitas organisasi dan efisiensi kinerja melalui pengembangan teknologi.

Contact Info
Hindari Kerugian Dengan Software Akuntansi untuk UKM

Hindari Kerugian Dengan Software Akuntansi untuk UKM

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, software akuntansi untuk UKM telah menjadi tulang punggung. Untuk mengoptimalkan tata Kelola keuangan dari usaha kecil hingga menengah.

Dengan adanya fitur yang lengkap mulai dari pencatatan transaksi, pelacakan pembayaran, hingga analisa keuangan. Aplikasi akuntansi untuk UKM telah menjadi kunci untuk mengelola usaha dengan efisien dan optimal. Bahkan, manajemen keuangan UKM pun bisa terasa sangat rumit apabila tidak menggunakan software akuntansi yang tepat.

Karena itulah, untuk menghindarkan usaha Anda dari kerugian akibat manajemen keuangan yang tidak optimal. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai software akuntansi untuk UKM, yang dapat memberikan gambaran besar terkait software usaha yang satu ini. Tanpa berlama lama lagi, yuk Simak pembahasan aplikasi akuntansi untuk UKM Kali ini.

Daftar Isi

Sekilas Tentang Software Akuntansi untuk UKM dan Fitur Fiturnya

Tentang Software Akuntansi untuk UKM dan Fitur Fiturnya

Sesuai dengan Namanya, software akuntansi untuk UKM merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu usaha kecil hingga menengah, dalam mengelola keuangan mereka. Melalui aplikasi akuntansi untuk UKM, pengguna dapat membuat laporan keuangan dengan mudah; memantau arus kas secara real time; mengelola inventaris; dan pencatat seluruh transaksi keuangan dengan lebih terorganisir.

Karena itulah untuk memenuhi berbagai tujuan tersebut, software akuntansi untuk UKM dilengkapi dengan berbagai macam fitur terintegrasi. Seperti halnya:

Pencatatan Transaksi

Pertama, aplikasi akuntansi untuk UKM memungkinkan pengguna untuk mencatat pemasukan, transaksi keuangan, dan juga pengeluaran dengan lebih teratur.

Manajemen Invoicing

Kedua, software akuntansi untuk UKM dapat memfasilitasi pembuatan dan pengiriman faktur atau invoice secara otomatis kepada pelanggan.

Pelacakan Pembayaran

Pemantauan pembayaran dari pelanggan juga jauh lebih mudah dengan menggunakan aplikasi akuntansi untuk UKM.

Manajemen Stok/Inventaris

Pelacakan barang atau produk yang ada di dalam stok gudang, untuk memudahkan dalam mengelola persediaan.

Pembuatan Laporan Keuangan

Software akuntansi untuk UKM juga dapat menghasilkan laporan keuangan lengkap hanya dengan beberapa klik saja. Seperti halnya neraca, laporan laba rugi, arus kas, dan laporan keuangan lainnya yang dapat memberikan gambaran terkait kesehatan keuangan perusahaan.

Perpajakan

Selanjutnya, aplikasi akuntansi untuk UKM juga memiliki fitur perpajakan yang dapat membantu UKM dalam perhitungan pajak. Dan mendukung usaha tersebut untuk selalu mematahui peraturan dan kebijakan perpajakan yang berlaku.

Integrasi dengan Bank

Software ini juga memiliki kemampuan untuk terintegrasi langsung dengan rekening bank Perusahaan. Yang dapat memudahkan proses rekonsiliasi, dan melakukan pemantauan transaksi usaha secara real time.

Manajemen Piutang dan Hutang

Fitur lainnya yaitu manajemen hutang dan piutang, yang dapat membantu usaha dalam melacak piutang yang belum dibayar pelanggan. Serta hutang yang harus dibayarkan kepada pihak pemasok.

Aksesibilitas Multi-Pengguna

Memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja, dan mengakses sistem yang sama sekaligus. Dengan hak dan tingkat akses yang berbeda beda, sesuai dengan kewajiban dan wewenang mereka masing masing.

Kustomisasi Laporan

Selanjutnya, fitur penting lain pada software akuntansi untuk UKM yaitu kemampuan untuk membuat laporan dengan format spesifik. Sesuai dengan kebutuhan UKM.

Analisis dan Prediksi Keuangan

Terakhir, yaitu fitur analisis dan prediksi keuangan dari aplikasi akuntansi untuk UKM. Yang dapat memberikan wawasan lebih mendalam untuk membuat proyeksi keuangan di masa mendatang.

Baca Juga : Kas Perusahaan Lebih Optimal Dengan Aplikasi Audit Keuangan

Tantangan Mengelola UKM Tanpa Software Akuntansi

Melalui beberapa fitur yang telah kita sebutkan sebelumnya, bisa kita Tarik kesimpulan bahwa mengelola keuangan UKM bisa menjadi hal yang sangat rumit dan berbelit belit.

Bahkan, bisa dikatakan bahwa tanpa adanya software akuntansi untuk UKM, usaha tersebut harus menghadapi beberapa tantangan manajemen usaha. Seperti halnya:

Kesalahan Input Data dan Human Error

Pertama, tanpa adanya aplikasi akuntansi untuk UKM pemilik usaha akan jauh lebih sulit untuk mencatat transaksi keuangan. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan resiko salah input, yang dapat mempengaruhi akurasi laporan keuangan.

Kebutuhan Waktu yang Besar

Anda tentunya setuju bahwa pemrosesan data secara manual membutuhkan waktu yang jauh lebih banyak daripada dengan penggunaan software akuntansi. Baik itu dalam proses pencatatan, perhitungan, dan juga penyusunan laporan yang terorganisir. Yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk kegiatan lain yang jauh lebih produktif bagi usaha Anda.

Keterlambatan dan Ketidakteraturan

Tanpa adanya software akuntansi untuk UKM yang terorganisir, pencatatan keuangan pun akan jadi tidak teratur. Yang mengakibatkan adanya keterlambatan dalam pembuatan laporan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Kesulitan dalam Pelacakan Keuangan

Pelacakan arus kas, pembayaran, dan tagihan yang belum dibayar juga menjadi lebih sulit tanpa adanya aplikasi akuntansi untuk UKM. Terutama apabila ada transaksi dalam jumlah yang sangat besar pada usaha Anda.

Kesulitan dalam Memantau Stok/Inventaris

Pengelolaan stok atau inventaris juga seringkali menimbulkan tantangan tersendiri, terutama tanpa adanya software akuntansi untuk UKM. Sehingga, hal ini seringkali menimbulkan adanya ketidakseimbangan dalam proses pengelolaan persediaan.

Kepatuhan Pajak yang Kurang Tepat

Proses manajemen secara manual juga dapat meningkatkan resiko kesalahan perhitungan pajak, dan menjadikan usaha jauh lebih sulit untuk memenuhi kebijakan perpajakan.

Keterbatasan Analisis Keuangan

Selanjutnya, keuntungan lain dalam mengelola UKM yaitu pengguna akan jauh lebih sulit dalam melakukan Analisa keuangan. Yang dapat mempengaruhi pengambilan Keputusan dan pembuatan strategi usaha yang tepat sasaran.

Ketergantungan pada Excel atau Metode Manual Lainnya

Terakhir, UKM yang tidak menggunakan software akuntansi juga seringkali bergantung pada Excel, Spreadsheet, dan beberapa metode manual lainnya. Yang rentan terhadap kesalahan input, dan fitur yang sangat terbatas.

CTA aplikasi pembukuan dropship 1

Baca Juga : Software Akuntansi Nirlaba, Solusi Tingkatkan Kesuksesan Bisnis

Inilah Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi untuk UKM

Dengan beberapa tantangan yang sudah kita bahas sebelumnya. Dapat kita simpulkan bahwa penggunaan software akuntansi untuk UKM dapat memberikan banyak keuntungan bagi usaha. Seperti halnya:

Akurasi yang Lebih Tinggi

Penggunaan aplikasi akuntansi untuk UKM dapat meminimalisir human error dalam proses perhitungan dan pencatatan. Dan memastikan laporan usaha yang jauh lebih akurat dan terperinci.

Efisiensi Operasional

Adanya otomatisasi dalam software akuntansi untuk UKM dapat mempercepat pencatatan transaksi, pembuatan laporan, dan manajemen keuangan secara menyeluruh. Yang dapat membantu Anda dalam menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Pemantauan Keuangan Real-Time

Dengan data informasi yang selalu up to date, pengguna nantinya dapat lebih mudah dalam melacak arus kas, pembayaran tagihan, dan kinerja keuangan lainnya.

Manajemen Stok yang Lebih Baik

Software akuntansi untuk UKM juga dapat membantu pelacakan stok dan inventaris usaha. Dan memberikan informasi terperinci terhadap produk yang laris di pasar, atau produk yang kurang laku penjualannya.

Pelaporan Keuangan yang Tepat Waktu

Selanjutnya, aplikasi akuntansi untuk UKM juga memudahkan pengguna dalam pembuatan laporan keuangan hanya dengan beberapa klik saja. Serta memberikan wawasan dan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang tepat sasaran.

Mendukung Usaha untuk Mematuhi Perpajakan

Software akuntansi untuk UKM juga memiliki fitur perpajakan yang dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak. Sehingga dapat meminimalisir resiko kesalahan pada saat proses perpajakan.

Analisis Keuangan yang Mendalam

Keuntungan lain dalam penggunaan aplikasi akuntansi untuk UKM yaitu adanya fitur untuk menganalisa data keuangan dengan lebih mendalam. Sehingga, hal ini dapat membantu pemilik usaha untuk pemahaman yang lebih baik terhadap finansial usaha dan membuat perencanaan yang lebih strategis.

Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan proses manajemen yang lebih lancar dan terotomatisasi, penggunaan software akuntansi untuk UKM dapat memaksimalkan produktivitas tim. Dan memberikan fokus yang jauh lebih besar pada aspek strategis dan perencanaan usaha.

Kemudahan Akses Multi-Pengguna

Banyak aplikasi akuntansi untuk UKM yang memungkinkan pengguna untuk mengakses software tersebut secara bersamaan. Dengan hak akses yang dapat disesuaikan dan dikonfigurasi sesuai dengan kewajiban dan wewenang mereka masing masing.

Skalabilitas dan Pertumbuhan Usaha

Terakhir, software akuntansi untuk UKM juga dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan perkembangan usaha. Sehingga Anda dapat menambahkan fitur tertentu untuk mendukung pengelolaan usaha Anda.

Baca Juga : Software Akuntansi untuk Perusahaan Dagang, Apa Fungsinya?

Maksimalkan Manajemen Keuangan dengan Software Akuntansi untuk UKM

Untuk mendapatkan berbagai keuntungan dalam Tak dapat dipungkiri lagi bahwa aplikasi akuntansi untuk UKM dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perthatikan terlebih dahulu untuk memaksimalkan potensi dari software akuntansi tersebut. Yaitu:aplikasi akuntansi restoran. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu dalam penggunaan software akuntansi. Beberapa hal tersebut yakni meliputi:

1. Pelatihan dan Pemahaman Mendalam

Pastikan bahwa seluruh tim Anda memahami cara menggunakan software akuntansi untuk UKM dengan baik dan optimal. Karena itulah, ada baiknya Anda memberikan pelatihan kepada tim, untuk memastikan mereka memiliki pemahaman yang mendalam terkait fitur fitur dan cara penggunaannya yang efisien.

2. Konfigurasi yang Tepat

Lakukan penyesuaian terlebih dahulu dengan aplikasi akuntansi untuk UKM agar sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Lakukan penyesuaian kepada pengaturan software, alur kerja, konfigurasi akun, dan lakukan penyesuaian agar sesuai dengan struktur keuangan dan usaha Anda.

3. Pencatatan dan Update Rutin

Lakukan pencatatan transaksi secara teratur dan selalu lakukan pembaruan data dengan konsisten. Sehingga, hal ini dapat membantu Anda untuk memastikan informasi keuangan tersebut selalu akurat dan mutakhir.

4. Rekonsiliasi Rutin

Jangan lupa untuk melakukan rekonsiliasi dengan pihak bank secara teratur. Untuk memastikan catatan keuangan Anda sudah sesuai dengan transaksi yang ada di rekening bank perusahaan.

5. Backup Data Secara Berkala

Pastikan untuk melakukan backup data secara teratur untuk menghindari adanya kehilangan data penting dalam usaha Anda. Baik itu karena adanya kegagalan teknis, serangan malware, atau beberapa kendala lainnya.

6. Gunakan Laporan untuk Pengambilan Keputusan

Manfaatkan juga laporan keuangan yang dihasilkan oleh software akuntansi untuk UKM. Untuk menganalisa kinerja usaha, membuat Keputusan yang strategis, dan juga membantu dalam mengidentifikasi tren penjualan usaha.

7. Integrasi dengan Sistem Lain

Terakhir, apabila Anda pernah menggunakan sistem manajemen bisnis lain sebelumnya, seperti halnya sistem manajemen persediaan atau penjualan. Pastikan bahwa software akuntansi dapat terintegrasi dengan sistem tersebut. Untuk memastikan pertukaran data yang optimal dan efisien.

Baca Juga : Pentingnya Software Akuntansi untuk Perusahaan Kontraktor

Bagaimana Tips Memilih Software Akuntansi untuk UKM Yang Tepat?

Untuk pelaku usaha kecil hingga menengah, penggunaan aplikasi akuntansi untuk UKM merupakan hal yang sangat tepat. Terutama untuk beradaptasi dengan arus pasar yang seringkali berubah ubah saat ini. Sehingga, Anda pun akan jauh lebih fokus terhadap pembuatan strategi dan perencanaan usaha, dan tidak menghabiskan banyak waktu pada kegiatan administratif yang repetitif.

Sayangnya, tidak semua software akuntansi untuk UKM dapat menyediakan fitur yang lengkap bagi usaha Anda. Sehingga, Anda pun harus mempertimbangkan beberapa hal tertentu dalam pemilihan software akuntansi. Beberapa tips tersebut yakni meliputi:

1. Pastikan Software Akuntansi Punya Fitur Otomasi Faktur

Seperti yang Anda ketahui, dalam setiap transaksi usaha faktur merupakan hal yang sangat penting perannya. Karena itulah, ada baiknya Anda memilih software akuntansi yang dapat memudahkan pengguna dalam membuat faktur hanya dalam beberapa klik saja.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi repot repot dalam penyesuaian format faktur, atau dengan melakukan input data secara manual. Yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit juga jumlahnya. Tak hanya itu, aplikasi akuntansi untuk UKM juga dapat membantu pengiriman faktur secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan adanya keterlambatan saat pengiriman faktur.

2. Pilihlah Software Akuntansi untuk UKM Berbasis Cloud

Tips lainnya dalam memilih software akuntansi untuk UKM yaitu dengan memilih software berbasis cloud. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi secara manual, dan tidak membutuhkan pengetahuan yang mendalam untuk emnggunakan software tersebut.

Sehingga, Anda hanya perlu membeli atau berlangganan software tersebut saja dan dapat Menggunakan software tersebut secara langsung. Tak hanya itu, aplikasi akuntansi untuk UKM berbasis cloud juga memungkinkan akses dari mana saja. Dan menjamin keamanan data usaha dari kehilangan atau kerusakan.

3. Pastikan Software Akuntansi dapat Memudahkan Pencatatan Stok

Pencatatan stok secara otomatis merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam manajemen usaha. Itulah mengapa, ada baiknya Anda memiliih software akuntansi yang dapat memudahkan proses pencatatan barang. Sehingga, Anda dapat mengetahui produk mana yang laris di pasaran, dan juga produk mana saja yang kurang laku di pasaran.

4. Pastikan Software Akuntansi untuk UKM dapat Memudahkan Rekonsiliasi Bank

Proses rekonsiliasi merupakan hal yang sangat penting bagi para pengusaha. Bahkan, proses rekonsiliasi bank seringkali menjadikan para pelaku usaha tidak disiplin, yang dapat pada Tindakan fraud.

Karena itulah dalam memlih software akuntansi untuk UKM, pastikan bahwa software tersebut memiliki fitur rekonsiliasi yang dapat beroperasi secara otomatis. Melalui fitur ini, Anda nantinya dapat mengimor mutase bank secara otomatis, yang dapat membantu dalam menghemat waktu.

5. Perhatikan Kemampuan Intergasi dengan Sistem Lain

Salah satu hal penting dalam pemilihan aplikasi akuntansi untuk UKM yaitu kemampuan untuk terintegrasi dengan software lainnya. Hal ini karena dalam perhitungan akuntansi sendiri, ada beberapa hal penting yang harus Anda impor. Seperti halnya laporan persediaan, atau Riwayat penjualan.

Karena itulah, ada baiknya Anda memilih software akuntansi untuk UKM yang dapat terintegrasi dengan beberapa sistem bisnis lainnya. Seperti software POS, HRIS, platform e commerce, inventory management, software payroll, dan lain sebagainya. Untuk memastikan aliran data yang lancar dan optimal.

6. Prioritaskan Tingkat Keamanan Software Akuntansi

Terakhir, pilihlah aplikasi akuntansi untuk UKM dengan Tingkat keamanan yang tinggi dan terjamin, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan resiko kehilangan dan kebocoran data.

Jika perlu, pilihlah software akuntansi untuk UKM yang sudah terverifikasi oleh Lembaga pengujian kualitas seperti ISO. Sehingga seluruh data yang tersimpan pada software tersebut dapat dipertanggung jawabkan keamanannya.

Masih bingung dalam memilih software akuntansi yang cocok untuk UKM Anda? Software Entis merupakan salah satu software cloud based dengan Tingkat keamanan yang sudah sesuai stAndar internasional.

Tak hanya itu, software Entis juga menawarkan fitur ‘custom made’, yang dapat Anda sesuaikan langsung dengan seluruh kebutuhan dari usaha Anda. Dapatkan uji coba gratis software Entis selama 30 hari penuh, dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol CTA yang ada dibawah ini.

CTA software akuntansi untuk ukm 2

Post a Comment