Tentang Pinnacle Tech Vision

Pinnacle Tech Vision dengan pengalaman dan keahlian dalam Teknologi Informasi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang IT Solution, yang memiliki visi untuk meningkatkan produkstifitas organisasi dan efisiensi kinerja melalui pengembangan teknologi.

Contact Info
Keuangan Lebih Optimal dengan Software Akuntansi Bisnis Retail

Keuangan Lebih Optimal dengan Software Akuntansi Bisnis Retail

Software Akuntansi Bisnis Retail – Bisnis retail atau usaha eceran, merupakan sistem penjualan produk yang mana transaksi penjualannya dilakukan langsung antara pihak pembeli dengan pihak konsumen.

Dalam dunia bisnis sendiri, usaha retail seringkali dikenal dengan istilah Business to Consumen atau B2C. Yang mana konsumen merupakan pihak akhir yang mendapat barang dagang, dan tidak dijual Kembali.

Dalam prakteknya sendiri, pihak pengecer akan membeli produk kepada produsen atau distributor, yang kemudian dijual Kembali dengan jumlah kecil kepada pihak konsumen. Itulah mengapa, Bisnis ini dapat dilakukan oleh seluruh orang, baik yang memiliki modal kecil ataupun modall besar. Beberapa contoh Bisnis retail yakni meliputi warung kelontong, toko serba ada, toko elektronik, dan lain lain.

Kegiatan operasional dari Bisnis retail saat ini memang sudah sangat berbeda jauh dari Bisnis retail dari beberapa waktu yang lalu. Misalnya saja dengan proses pengelolaan keuangan, yang mana beberapa tahun lalu mungkin pemilik Bisnis harus melakukan pencatatan dan perhitungan secara manual. Namun saat ini, sudah ada software akuntansi retail yang siap membantu pemilik Bisnis retail, agar lebih mudah dalam mengelola keuangan mereka.

Apa Itu Software Akuntansi Retail?

Apa Itu Software Akuntansi Retail

Sesuai dengan namanya, software akuntansi retail merupakan sebuah sistem yang dirancang khusus untuk membantu bisnis retail dalam mengelola proses akuntansi mereka. Baik itu dalam pelacakan penjualan, pemrosessan transaksi, memantau inventaris, dan juga pembuatan laporan keuangan yang berkaitan dengan operasi bisnis retail.

Karena itulah untuk memenuhi tujuan tersebut, software akuntansi bisnis retail dilengkapi dengan beberapa fitur. Seperti halnya:

  1. Manajemen Inventaris: Pertama, software akuntansi bisnis retail memiliki fitur manajemen inventaris. Yang memungkinkan pengguna untuk melacak persediaan, memperbarui status persediaan ketika barang terjual, dan memberikan notifikasi apabila ada stok barang rendah;
  2. Poin Penjualan (Point of Sale/POS): Software akuntansi bisnis retail juga memungkinkan pengguna. Untuk memproses penjualan secara offline maupun online, mengelola pembayaran, dan juga mencatat penjualan dengan lengkap dan terperinci;
  3. Manajemen Pelanggan: Software akuntansi bisnis retail juga memungkinkan pengguna untuk mencatat informasi pelanggan, memantau pola pembelian. Serta memungkinkan pihak penjual untuk menjalankan program loyalitas;
  4. Pelacakan Keuangan: Fitur lain dalam software akuntansi bisnis retail yaitu pelacakan keuangan. Yang memudahkan pemilik Bisnis untuk mencatat pengeluaran, pemasukan, dan transaksi Bisnis lainnya;
  5. Pelaporan Keuangan: Selain itu, software ini juga dapat membantu dalam pembuatan laporan keuangan lengkap. Mulai dari laporan laba rugi, neraca, dan juga laporan arus kas, untuk membantu bisnis dalam menganalisa keuangan dan mengambil keputusan.
  6. Integrasi dengan Sistem lain: Terakhir, software akuntansi bisnis retail juga memiliki fitur integrasi. Yang memungkinkan software untuk terhubung dengan berbagai sistem lain yang ada dalam bisnis retail. Seperti halnya integrasi sistem CRM, SCM, atau integrasi dengan platform e commerce.

Aplikasi Akuntansi Retail Cocok untuk Bisnis Apa Saja?

Apabila membahas penggunaannya sendiri, ada banyak jenis bisnis retail yang dapat diuntungkan dalam penggunaan software akuntansi bisnis retail. Beberapa diantarnya yaitu meliputi:

  1. Toko Retail Konvensional: Toko pakaian, sepatu, aksesoris, dan barang konsumen lainnya.
  2. Toko Elektronik: Toko yang menjual perangkat elektronik, gadget, atau peralatan rumah tangga.
  3. Toko Makanan dan Minuman: Restoran, kafe, toko kue, atau toko makanan ringan.
  4. Toko Serba Ada (Minimarket): Toko yang menyediakan berbagai produk sehari-hari seperti makanan, minuman, dan barang-barang rumah tangga.
  5. Toko Spesialis: Toko yang menjual barang-barang tertentu seperti toko mainan, toko alat musik, toko perlengkapan olahraga, dan sejenisnya.
  6. Toko Kosmetik dan Perawatan Kecantikan: Toko yang menjual produk kosmetik, perawatan kulit, dan produk kecantikan lainnya.
  7. Toko Buku dan Alat Tulis: Toko yang menjual buku, alat tulis, dan perlengkapan kantor.
  8. Toko Furnitur dan Dekorasi Rumah: Toko yang menjual furnitur, dekorasi rumah, dan peralatan rumah tangga.
  9. Toko Perhiasan: Toko yang menjual perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, dan sebagainya.
  10. Toko Online: Bisnis e-commerce yang menjual berbagai macam produk secara online
  11. Penyewaan atau Rental: Bisnis yang menyewakan peralatan, mobil, properti, atau barang lainnya dapat menggunakan aplikasi akuntansi retail untuk melacak inventaris, sewa, dan pembayaran.
  12. Toko Kelontong Grosir: Bisnis yang menjual barang-barang grosir atau membuka toko kelontong dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengelola inventaris dan penjualan grosir.
  13. Toko Serba Ada Besar: Hypermarket atau supermarket yang menangani sejumlah besar inventaris dan transaksi harian juga dapat memanfaatkan fitur-fitur dari aplikasi akuntansi retail.
  14. Toko Spesialis: Toko-toko spesialis seperti toko mainan, toko alat musik, toko perlengkapan olahraga, dan sejenisnya yang memiliki kebutuhan inventarisasi dan penjualan yang khusus.

Baca Juga : Bisnis Kuliner Lebih Mudah Dengan Software Akuntansi Restoran

Sulitnya Mengelola Keuangan Bisnis Retail Tanpa Software Akuntansi

Pengelolaan keuangan bisnis retail tanpa aplikasi akuntansi sendiri bisa menjadi sebuah tantangan yang signifikan. Terutama karena beberapa alasan berikut ini:

Kesulitan dalam Manajemen Inventaris

Tanpa menggunakan software akuntansi bisnis retail, pengelolaan inventaris mungkin akan jauh lebih rumit dan berbelit belit. Tanpa adanya software ini, pemilik bisnis retail akan kesulitan dalam melacak keluar masuk barang. Yang menyebabkan kebingunan untuk mengetahui sisa stok, dan dapat menimbulkan kekurangan atau kelebihan stok yang dapat membebani ekonomi bisnis.

Keterlambatan dalam Pelacakan Penjualan

Tanpa adanya software akuntansi bisnis retail yang terstruktur, pencatatan penjualan bisa menjadi proses manual yang banyak memakan waktu. Yang dapat mengakibatkan adanya keterlambatan dalam melacak penjualan, membuat laporan keuangan, dan mengidentifikasikan tren penjualan dari bisnis retail.

Kesulitan dalam Manajemen Keuangan

Pencatatan pengeluaran dan pemasukan juga bisa menjadi hal yang rumit, ketika toko tidak memiliki software akuntansi bisnis retail. Sehingga, hal ini dapat menimbulkan kesulitan dalam memahami laba rugi bisnis, serta menghambat aliran arus kas dari bisnis tersebut.

Kesulitan dalam Analisis dan Pengambilan Keputusan

Secara tidak langsung, tidak adanya data yang terorganisir dengan baik juga dapat mempengruhi kemampuan bisnis untuk melakukan analisa, dan mengambil keputusan yang strategis. Sehingga, hal ini dapat menghambat bisnis retail dalam mengidentifikasikan tren pasar, memprediksi permintaan, atau membuat keputusan yang didasari oleh data.

Kesulitan dalam Menjaga Akurasi dan Konsistensi

Proses manual tentunya memiliki potensi yang jauh lebih besar akan kesalahan manusia. Sehingga, hal ini dapat mengakibatkan adanya laporan yang tidak akurat. Terutama dalam perhitungan keuangan, inventaris, dan juga pembuatan laporan keuangan lainnya.

Keterbatasan Waktu dan Efisiensi

Terakhir, proses manual juga tentunya membutuhkan jauh lebih banyak waktu dan sumber daya. Yang dapat menghambat efisiensi operasional, dan menguras sumber daya yang seharusnya dialokasikan untuk pengembangan bisnis.

CTA aplikasi pembukuan dropship 1

Baca Juga : Hindari Kerugian Dengan Software Akuntansi untuk UKM

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi Retail

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam penggunaan software akuntansi bisnis retail. Beberapa keuntungan tersebut meliputi:

Pemantauan Inventaris yang Lebih Efisien

Pertama, software akuntansi bisnis retail memungkinkan pemantauan stok secara real time dan up to date. Sehingga dapat menghindari adanya kekurangan atau kelebihan stok, serta memberikan notifikasi pada pemilik bisnis apabila ada stok barang yang hampir habis.

Pencatatan Transaksi yang Akurat

Software akuntansi bisnis retail juga dapat merekam transaksi penjualan secara otomatis, terutama apabila software akuntansi dapat terintegrasi dengan sistem POS. Baik itu terkati penjualan toko fisik ataupun penjualan secara online, sehingga dapat meminimalisir kesalahan manual.

Pelaporan Keuangan yang Terstruktur

Keuntungan lainnya dalam menggunakan software akuntansi bisnis retail yaitu Anda dapat membuat berbagai macam laporan keuangan yang terstruktur hanya dengan beberapa klik saja. Laporan keuangan ini meliputi laporan laba rugi, arus kas, neraca, dan laporan analitik lainnya yang dapat membantu Anda memahami keuangan bisnis dengan lebih baik lagi.

Analisis Data yang Mendalam

Software akuntansi bisnis retail juga dapat membantu pemilik bisnis untuk menganalisa tren penjualan, preferensi pelanggan, dan data penting lainnya. Yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan strategis untuk perkembangan bisnis retail.

Manajemen Keuangan yang Efisien

Pelacakan pemasukan dan pengeluaran pun bisa jadi lebih efisien dengan menggunakan software akuntansi bisnis retail. Software ini nantinya dapat membantu dalam mengoptimalkan arus kas, serta membantu pengambilan keputusan bisnis.

Otomatisasi Proses Bisnis

Keuntungan lain dalam menggunakan software akuntansi bisnis retail yaitu dapat membantu dalam mengoptimalkan berbagai kegiatan operasional. Mulai dari penjadwalan pembayaran, pembaruan stok secara otomatis, dan juga pengiriman invoice.

Integrasi dengan Sistem Lain

Adanya integrasi antara software akuntansi bisnis retail dengan sistem lain seperti CRM, Inventory Management, dan juga platform e commerce. Dapat mengoptimalkan arus data, dan menghindari adanya duplikasi informasi yang dapat memperumit operasional toko.

Produktivitas yang Meningkat

Software akuntansi bisnis retail juga dapat menghemat waktu dan sumber daya yang Anda butuhkan dalam mengembangkan bisnis. Sehingga, Anda nantinya dapat memfokuskan sumber daya tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan toko.

Keamanan Data yang Lebih Baik

Selanjutnya, software ini juga dapat memastikan keamanan data keuangan, pelanggan, dan data sensitif lainnya dalam toko Anda. Dengan memberikan perlindungan yang optimal untuk data data tersebut, misalnya saja dengan enkripsi ataupun perlindungan dari hak akses yang tidak sah.

Penyesuaian Terhadap Perubahan

Terakhir, keuntungan lain dari penggunaan software akuntansi bisnis retail. Yakni kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pasar atau kebutuhan bisnis dengan cepat dan efisien. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti sistem dasar dari software akuntansi, apabila ingin menambahkan atau menghilangkan beberapa fitur tertentu.

Baca Juga : Kas Perusahaan Lebih Optimal Dengan Aplikasi Audit Keuangan

Lebih Mudah Optimalkan Keuangan Bisnis Retail Dengan Software Akuntansi

Memang benar bahwa software akuntansi bisnis retail sendiri dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi bisnis retail.

Akan tetapi, Anda tentunya harus memahami cara penggunaan yang tepat, untuk memaksimalkan potensi dari software akuntansi tersebut. Karena itulah, berikut ini adalah beberapa tips penggunaan software akuntansi bisnis retail, yang bisa Anda terapkan dalam bisnis retail Anda. Yaitu:

1. Pahami Dulu Software Tersebut dengan Baik

Pertama, pastikan Anda memahami terlebih dahulu fitur apa saja yang ada pada software akuntansi bisnis retail. Hal ini dapat membantu Anda ataupun tim bisnis untuk mengetahui fungsi dan fitur apa saja yang ada pada software akuntansi tersebut.

2. Berikan Pelatihan untuk Pengguna

Selanjutnya, pastikan bahwa staff yang bertanggung jawab mengelola software tersebut mendapatkan pelatihan yang cukup dan memadai. Dengan pemahaman yang baik, pengguna pun akan jauh lebih cepat untuk mengoptimalkan operasional bisnis mereka.

3. Sesuaikan Software Akuntansi dengan Kebutuhan Bisnis Retail

Lakukan penyesuaian terhadap software akuntansi bisnis retail, agar benar benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Misalnya saja dengan mengatur format laporan, kategori produk, ataupun sistem poin penjualan yang sesuai dengan kebutuhan toko.

4. Terapkan Penggunaan yang Rutin dan Konsisten

Gunakan software akuntansi bisnis retail tersebut secara rutin dan konsisten. Untuk membantu dalam pelacakan data yang akurat, dan memberikan laporan yang relevan untuk mengambil Keputusan.

5. Terapkan Integrasi dengan Sistem Lain

Selain itu, pastikan bahwa aplikasi akuntansi bisnis retail juga dapat terintegrasi dengan sistem lain yang ada pada bisnis Anda. Misalnya saja dengan sistem CRM, POS, Inventory Management, ataupun integrasi langsung dengan platform e commerce.

6. Selalu Evaluasi Keamanan Data

Pastikan bahwa aplikasi akuntansi bisnis retail tersebut memiliki Tingkat keamanan data yang sudah sesuai standar. Hal ini nantinya dapat membantu Anda dalam menjaga informasi keuangan bisnis, data pelanggan, riwayat transaksi, dan berbagai informasi sensitif lainnya.

7. Lakukan Pemantauan Terus-Menerus

Pantau kinerja aplikasi akuntansi bisnis retail tersebut dengan teratur. Pastikan tidak ada masalah teknis atau data yang tidak cocok, yang dapat menghambat operasional harian bisnis retail Anda.

8. Update dan Upgrade Software Secara Rutin

Terakhir, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi akuntansi bisnis retail tersebut secara berkala. Untuk membantu Anda dalam memperbaiki bug, meningkatkan keamaann, dan juga mendapatkan fitur fitur baru yang bisnis Anda butuhkan.

Baca Juga : Software Akuntansi Nirlaba, Solusi Tingkatkan Kesuksesan Bisnis

Cara Memilih Software Akuntansi Bisnis Retail yang Tepat

Setelah Anda yakin untuk menggunakan software akuntansi untuk bisnis retail Anda. Jangan langsung membuat Keputusan akhir dan memutuskan untuk menggunakan salah satu software akuntansi secara langsung.

Melainkan, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu software akuntansi yang ada. Seperti halnya:

1. Tentukan Kebutuhan Bisnis Anda

Pertama, hal yang harus Anda pertimbangkan dalam aplikasi akuntansi bisnis retail yaitu meninjau kebutuhan bisnis secara terperinci. Apakah Anda membutuhkan manajemen inventaris, analisis data, integrasi dengan sistem lain, ataupun fitur fitur penting lainnya.

2. Tinjau Software Software yang Tersedia

Selanjutnya, Anda juga dapat membandingkan berbagai software akuntansi yang ada di pasaran. Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting seperti review pengguna, fitur yang ditawarkan, dan juga keunggulan di setiap aplikasi akuntansi bisnis retail.

3. Evaluasi Fitur Fitur Software Akuntansi

Pastikan bahwa aplikasi akuntansi bisnis retail yang Anda pilih nanti memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dalam hal ini juga, Anda juga dapat memilih software akuntansi yang memiliki beberapa fitur utama yang sudah kita bahas sebelumnya.

4. Mintalah Uji Coba atau Demo Gratis

Apabila memungkinkan, mintalah uji coba terlebih dahulu kepada vendor software akuntansi. Hal ini dapat membantu Anda untuk menguji fitur dan kemampuan software secara menyeluruh. Serta memastikan, apakah software tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau tidak.

5. Pertimbangkan Ketersediaan Dukungan

Perhatikan juga ketersediaan dukungan pelanggan dari vendor aplikasi akuntansi bisnis retail. Pastikan mereka memiliki tim dukungan yang responsif dan solutif, terutama apabila Anda mengalami kendala dan membutuhkan bantuan dari vendor software secara langsung.

6. Pertimbangkan Skalabilitas

Selanjutnya, pastikan bahwa aplikasi akuntansi bisnis retail dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Ada baiknya apabila software tersebut dapat menangani kebutuhan operasional bisnis yang lebih kompleks di masa depan, tanpa harus mengubah pondasi dasar dari aplikasi akuntansi bisnis retail tersebut.

7. Evaluasi Biaya dan ROI

Terakhir, tinjau biaya penggunaan dari aplikasi akuntansi bisnis retail, termasuk biaya langganan, implementasi, dan biaya tambahan lainnya. Pastikan bahwa Anda memperoleh keuntungan yang sebanding, dengan biaya yang Anda keluarkan.

Penggunaan software software akuntansi bisnis retail bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan, terutama untuk menjaga arus keuangan dari bisnis Anda. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dalam penggunaan software tersebut. Mulai dari proses operasional yang lebih efisien, keamanan data yang terjamin, serta pembuatan laporan yang lengkap dan terperinci.

Salah satu software akuntansi yang menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis retail Anda adalah software akuntansi Entis. Yang menyediakan fitur fitur lengkap, sesuai dengan kebutuhan bisnis retail Anda.

Kami menawarkan layanan pembuatan software ‘custom made’, sehingga pengguna dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dalam penggunaan software akuntansi Entis. Dapatkan uji coba gratis selama 30 hari penuh, dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol CTA yang ada di bawah ini.

CTA software akuntansi retail 2

Post a Comment