Tingkatkan Kinerja Penjualan dengan Sistem CRM Telemarketing
Di era modern saat ini, interaksi secara personal dengan pelanggan telah menjadi kunci utama dalam strategi pemasaran perusahaan besar. Karena itulah, sistem CRM untuk telemarketing telah menjadi pondasi penting untuk membangun strategi komunikasi yang optimal dan efisien.
Tidak hanya membantu mengelola daftar kontak saja, namun sistem CRM untuk telemarketing juga dapat membantu pengguna dalam membuat panggilan terjadwal secara otomatis, rekaman, dan analisa kinerja yang lengkap dan terperinci.
Mulai dari manajemen kontak pelanggan yang optimal hingga interaksi dengan pelanggan yang lebih personal. Adanya sistem CRM untuk telemarketing seringkali menjadi ujung tombak bagi tim penjualan dan pemasaran dalam membangun hubungan yang kuat dan efektif dengan pelanggan potensial.
Tak hanya itu, tidak adanya sistem CRM yang optimal juga seringkali menghadirkan tantangan tersendiri terhadap tim penjualan. Seperti halnya kesulitan dalam mengelola kontak, penjadwalan, analisa kinerja, akses informasi yang terbatas, dan juga personalisasi yang kurang antara perusahaan dengan pelanggan.
Namun, tentunya Anda juga tidak boleh sembarangan juga dalam memilih sistem CRM untuk telemarketing untuk perusahaan Anda. Terlebih lagi adanya sistem CRM ini akan langsung mempengaruhi penjualan dari perusahaan Anda. Karena itulah agar Anda tidak salah dalam memilih sistem yang tepat, berikut adalah sedikit penjelasan mengenai sistem CRM untuk telemarketing. Simak baik baik ya.
Apa Itu Sistem CRM untuk Telemarketing?
Sesuai dengan Namanya, sistem CRM untuk telemarketing merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mendukung aktivitas dari tim penjualan Perusahaan. Sistem ini dirancang khusus untuk membantu tim penjualan dalam melakukan kampanye pemasaran melalui panggilan telepon langsung kepada pelanggan potensial.
Karena itulah untuk memaksimalkan kinerja dari tim penjualan, sistem CRM ini kemudian dilengkapi dengan berbagai fitur khusus yang dapat memudahkan aktivitas panggilan telepon tersebut. Seperti halnya:
1. Manajemen Kontak
Sistem CRM untuk telemarketing memiliki fitur penting yaitu manajemen kontak. Yang memungkinkan pengguna untuk mengelola daftar kontak pelanggan atau prospek beserta informasi penting lainnya.
2. Panggilan Terjadwal
Selain itu, sistem CRM untuk telemarketing juga memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal panggilan ke pelanggan, sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.
3. Rekaman Panggilan
Umumnya, sistem CRM untuk telemarketing juga memiliki fitur rekaman panggilan telepon. Yang dapat memudahkan pengguna untuk menganalisa panggilan tersebut secara mendalam, dan membantu untuk melatih tim penjualan baru.
4. Skrip Panggilan
Adanya sistem CRM untuk telemarketing juga memberikan akses yang mudah kepada skrip panggilan atau informasi yang dibutuhkan selama panggilan. Untuk memudahkan tim penjualan dalam meyakinkan pelanggan agar melakukan pembelian.
5. Pelacakan Hasil Panggilan
Fitur lain dari sistem CRM untuk telemarketing yaitu dapat memudahkan pengguna untuk mencatat hasil panggilan. Dan melakukan Analisa lebih lanjut untuk mengetahui apakah pelanggan tertarik atau tidak untuk melakukan pembelian. Sehingga, tim penjualan nantinya dapat melakukan tindak lanjut yang lebih sesuai.
6. Analisis Kinerja
Selanjutnya, sistem CRM untuk telemarketing juga menyediakan laporan dan Analisa terkait kinerja tim penjualan. Seperti halnya jumlah panggilan yang berhasil dilakukan, Tingkat konversi penjualan, dan lain sebagainya.
7. Integrasi Komunikasi
Terakhir, sistem CRM untuk telemarketing juga menyediakan integrasi dengan sistem telepon atau teknologi VoIP. Yang dapat memudahkan panggilan secara langsung dari platform CRM.
Baca Juga : Aplikasi Manufaktur Berbasis Web Siap Bantu Perusahaan Anda
Tantangan Tim penjualan tanpa Sistem CRM yang Tepat
Tanpa adanya sistem CRM untuk telemarketing yang optimal, ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh tim penjualan secara langsung. Beberapa tantangan tersebut meliputi:
Kesulitan dalam Manajemen Kontak
Tanpa adanya sistem sistem CRM untuk telemarketing, menyimpan dan mengelola informasi kontak pelanggan bisa menjadi hal yang sangat sulit. Terutama untuk menyimpan informasi seperti Riwayat percakapan, preferensi, dan berbagai informasi penting lainnya.
Tak hanya itu, seluruh informasi penting tersebut juga harus disimpan dalam format tertentu, untuk menghindari adanya kebocoran dan pencurian informasi perusahaan.
Kesulitan dalam Penjadwalan dan Follow Up Pelanggan
Tanpa adanya sistem yang terorganisir, proses penjadwalan panggilan dan follow up pelanggan bisa menjadi hal yang rumit. Bahkan dapat menjadikan tim kehilangan pAndangan terkait panggilan yang harus mereka follow up sebelumnya.
Kurangnya Analisis dan Pelacakan
Sistem CRM untuk telemarketing umumnya memiliki fitur yang dapat melacak hasil panggilan dan menganalisa kinerja. Sehingga tanpa sistem yang tepat, tim penjualan pun akan jauh lebih sulit dalam mengetahui Tingkat keberhasilan kampanye mereka, dan memahami area mana saja yang membutuhkan perbaikan lebih lanjut.
Ketidakmampuan Mengakses Informasi yang Diperlukan
Apabila tim penjualan menghadapi pelanggan, mereka tentunya membutuhkan akses yang cepat dan mudah terhadap informasi riwayat pembelian, preferensi, dan catatan catatan sebelumnya. Sehingga apabila perusahaan tidak memiliki sistem CRM yang tepat. Besar kemungkinannya mereka tidak menyimpan informasi tersebut dengan benar, sehingga ada beberapa kesalahan yang dapat mempengaruhi akurasi dari informasi tersebut.
Kesulitan dalam Personalisasi
Pelanggan tentunya mengharapkan interaksi yang lebih personal dan terarah dari setiap perusahaan. Sehingga tanpa adanya sistem CRM untuk telemarketing yang tepat, tim penjualan mungkin akan kesulitan dalam mempersonalisasi panggilan mereka berdasarkan informasi spesifik terkait pelanggan.
Kesulitan dalam Pemantauan dan Pengukuran Kinerja
Selain itu, sistem CRM untuk telemarketing juga memungkinkan pihak manajemen untuk memantau dan mengukur kinerja tim penjualan. Tanpa hal tersebut, tentunya menilai pencapaian, mengidentifikasi kesuksesan, dan memperbaiki strategi yang tidak efektif akan menjadi tantangan tersendiri yang dapat menghambat produktivitas perusahaan.
Kesulitan dalam Koordinasi Tim
Terakhir, sistem CRM untuk telemarketing juga memungkinkan adanya kolaborasi yang optimal antar anggota tim. Dan tanpa alat tersebut, melakukan koordinasi dan komunikasi antar anggota tim penjualan pun dapat menjadi hal yang kurang efisien dan memakan banyak waktu dan tenaga.
Baca Juga : Maksimalkan Keuangan dengan Aplikasi untuk Pembukuan Toko
Keuntungan Menggunakan Sistem CRM untuk Telemarketing
Sebaliknya, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem CRM untuk telemarketing. Beberapa keuntungan tersebut meliputi:
Manajemen Kontak yang Efisien
Pertama, adanya sistem CRM untuk telemarketing memungkinkan tim untuk menyimpan dan mengelola informasi pelanggan dengan baik dan terorganisir. Hal ini dapat memungkinkan akses yang lebih cepat terhadap Riwayat komunikasi, preferensi, dan informasi penting lainnya terkait pelanggan tersebut.
Pengelolaan Panggilan dan Follow Up yang Terjadwal
Melalui sistem CRM untuk telemarketing, tim penjualan juga dapat membuat jadwal panggilan dan follow up dengan mudah dan cepat. Sehingga, hal ini nantinya dapat membantu dalam mengoptimalkan waktu, dan memastikan tidak ada prospek yang terlewat.
Analisis Kinerja yang Mendalam
Sistem CRM untuk telemarketing juga menyediakan laporan dan Analisa terkait kinerja tim penjualan. Sehingga pihak manajemen dapat lebih mudah untuk melacak Tingkat keberhasilan kampanye, melakukan evaluasi strategi, dan mengidentifikasikan area mana saja yang membutuhkan perbaikan.
Personalisasi Panggilan
Dengan adanya akses yang mudah ke database pelanggan, tim penjualan nantinya dapat membuat panggilan yang jauh lebih personal kepada para pelanggan. Sehingga, mereka dapat menyesuaikan pesan, berdasarkan preferensi dan riwayat pembelian pelanggan sebelumnya.
Pemantauan Interaksi Pelanggan
Adanya sistem CRM untuk telemarketing juga memungkinkan pengguna untuk mencatat hasil panggilan, riwayat interaksi, dan preferensi pelanggan. Sehingga, hal ini dapat memungkinkan tim penjualan untuk memahami kebutuhan pelanggan, dan memberikan layanan yang jauh lebih baik.
Koordinasi Tim yang Lebih Baik
Hadirnya sistem CRM yang terintegrasi juga memungkinkan anggota tim untuk berkolaborasi dengan lebih optimal dan efisien. Sehingga, setiap anggota tim dapat berbagi informasi, catatan, dan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan secara menyeluruh.
Peningkatan Retensi Pelanggan
Dengan adanya pemahaman yang lebih baik terkait kebutuhan pelanggan dan kemampuan untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi. Sistem CRM untuk telemarketing dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan potensi retensi pelanggan.
Efisiensi Operasional
Terakhir, sistem CRM untuk telemarketing juga menghadirkan proses yang serba otomatis dan terstruktur. Sehingga dapat membantu Perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dari tim penjualan secara menyeluruh.
Tips Penggunaan Sistem CRM untuk Telemarketing yang Optimal
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan. Karena itulah, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam menggunakan sistem CRM, untuk merasakan potensi penuh dari software yang satu ini. Adapun beberapa tips penggunaan sistem CRM untuk telemarketing yang bisa Anda terapkan yakni meliputi:
1. Pahami Kebutuhan Bisnis
Pertama, pastikan bahwa sistem CRM untuk telemarketing sudah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Perusahaan Anda. Identifikasikan fitur apa saja yang ada pada sistem tersebut, dan bagaimana fitur fitur tersebut dapat mendukung penjualan perusahaan Anda.
2. Pelatihan yang Mendalam
Pastikan Anda memberikan pelatihan yang memadai kepada tim penjualan, terkait cara menggunakan sistem CRM untuk telemarketing. Pastikan mereka memahami dengan baik bagaimana cara yang tepat untuk memanfaatkan seluruh fitur yang ada pada sistem CRM tersebut.
3. Perbarui Data Secara Rutin
Pastikan bahwa data pelanggan selalu di update setiap harinya secara rutin. Adanya data yang akurat dan up to date akan sangat membantu tim Perusahaan dalam membuat Keputusan yang tepat, dan membantu adanya komunikasi yang baik antara pelanggan dengan Perusahaan.
4. Personalisasi Interaksi
Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan informasi yang ada pada sistem CRM untuk telemarketing, untuk membuat panggilan yang lebih personal. Gunakan berbagai data penting seperti Riwayat pembelian, preferensi, dan interaksi sebelumnya untuk membuat panggilan kepada pelanggan.
5. Penggunaan Alat Otomatisasi
Gunakan juga fitur otomatis yang ada pada sistem CRM untuk telemarketing untuk berbagai aktivitas penjualan. Mulai dari pengiriman pesan follow up, membuat jadwal panggilan, atau melaksanakan tugas lain yang repetitive.
6. Analisis dan Pelaporan yang Teratur
Tetapkan jadwal rutin untuk menganalisa data dan membuat laporan tentang kinerja tim. Gunakan informasi tersebut untuk mengevaluasi strategi, menentukan pola strategi yang tepat, dan membuat perubahan yang dibutuhkan untuk perkembangan perusahaan.
7. Integrasi dengan Sistem Lain
Pastikan bahwa sistem CRM untuk telemarketing juga dapat terintegrasi dengan sistem lain yang digunakan oleh tim penjualan. Hal ini dapat memastikan aliran data yang lancar, dan meminimalisir adanya kehilangan informasi penting yang dapat mempengaruhi penjualan Perusahaan.
8. Kontinuitas Peningkatan
Terus tingkatkan penggunaan sistem CRM untuk telemarketing dengan memperhatikan feedback yang diberikan oleh tim penjualan. Perbaiki proses, tambahkan fitur baru, dan lakukan konfigurasi sistem untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas Perusahaan.
9. Pemantauan Keamanan Data
Selanjutnya, pastikan bahwa sistem CRM untuk telemarketing memiliki keamanan yang kuat untuk melindungi seluruh data penting pelanggan. Hal ini akan sangat berperan penting, terlebih lagi di dunia internet yang penuh akan ancaman virus dan malware yang dapat menyerang data penting perusahaan.
Bagaimana Cara Memilih Sistem CRM untuk Telemarketing yang Tepat?
Dalam memilih sistem CRM untuk telemarketing yang tepat untuk Perusahaan, ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Seperti halnya:
1. Tentukan Kebutuhan Bisnis
Langkah awal dalam memilih sistem CRM untuk telemarketing yakni dengan mengidentifikasikan kebutuhan dan tujuan spesifik dari Perusahaan Anda. Apakah itu untuk mengoptimalkan manajemen panggilan, melakukan Analisa data, integrasi dengan sistem lain, atau beberapa tujuan lainnya. Pastikan bahwa sistem CRM yang Anda pilih nanti dapat memenuhi seluruh kebutuhan Perusahaan Anda.
2. Buat Daftar Fitur yang Diperlukan
Buatlah daftar fitur penting yang dapat memaksimalkan operasional tim penjualan Perusahaan Anda. Baik itu dalam manajemen dan pengelolaan kontak, integrasi dengan sistem telepon, pembuatan laporan yang kuat, melakukan otomatisasi tugas, dan lain sebagainya.
3. Skalabilitas dan Kustomisasi
Pertimbangkan juga apakah sistem CRM untuk telemarketing dapat disesuaikan dengan pertumbuhan Perusahaan Anda. Karena memang, perusahaan besar tentunya akan memiliki kebutuhan yang jauh berbeda dengan perusahaan kecil pada umumnya.
4. Keamanan dan Kepatuhan
Pastikan bahwa sistem CRM untuk telemarketing memiliki Tingkat keamanan yang tinggi untuk melindungi informasi sensitif perusahaan Anda. Ada baiknya juga apabila sistem CRM tersebut memiliki sistem keamanan yang sesuai dengan stAndar internacional saat ini.
5. Uji Coba dan Evaluasi
Apabila memungkinkan, jangan lupa untuk mengajukan uji coba gratis untuk mengetahui fitur fitur penting dari sistem tersebut. Tak hanya itu, dalam fase uji coba ini Anda juga dapat mengetahui secara langsung, bagaimana fitur fitur yang ada pada sistem CRM dapat membantu operasional dari perusahaan Anda.
6. Integrasi
Perhatikan juga apakah sistem CRM dapat terintegrasi dengan sistem manajemen lain yang digunakan oleh Perusahaan Anda. Adanya integrasi yang optimal dapat memastikan aliran data yang mulus, serta menghindari adanya kehilangan dan duplikasi data Perusahaan.
7. Biaya dan Skema Harga
Jangan lupa untuk meninjau biaya implementasi dan pemeliharaan dari sistem CRM untuk telemarketing. Pertimbangkan dengan baik bagaimana model pembayaran, dan berapa harga yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan sistem CRM.
8. Dukungan Pelanggan dan Pelatihan
Perhitungkan juga kualitas dukungan pelanggan yang diberikan oleh vendor sistem CRM untuk telemarketing. Apakah mereka menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan solutif atau tidak. Baik itu dalam bentuk live chat, forum, dokumentasi, ataupun pelatihan yang memadai.
9. Ulasan Pengguna dan Reputasi
Baca juga ulasan pengguna dan reputasi dari vendor software CRM. Informasi dari pengguna secara langsung tentunya akan memberikan gambaran yang jauh lebih jelas terkait kelebihan dan kekurangan sistem CRM untuk telemarketing.
Pinnacle Tech Vision menyediakan all in one CRM solution system yang dapat membantu Perusahaan untuk meningkatkan hubungan personal dengan para pelanggan. Teknologi CRM all in one Entis telah membantu banyak Perusahaan dalam meningkatkan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, dan memaksimalkan pelayanan pelanggan.
Dapatkan uji coba sistem CRM Entis selama 30 hari penuh dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol CTA yang ada di bawah ini.