Tak dapat dipungkiri lagi bahwa bisnis saat ini telah menjadi semakin kompleks kegiatan operasionalnya. Karena itulah, aplikasi pembukuan jual beli bisa menjadi solusi yang tidak tergantikan, terutama untuk berbagai perusahaan besar. Tidak hanya berperan dalam mencatat transaksi saja, namun aplikasi pembukuan jual beli juga menjadi solusi untuk manajemen keuangan yang lebih efisien.
Tak hanya itu, aplikasi pembukuan jual beli juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Mulai dari pengelolaan inventaris, melacak hutang piutang, dan juga pembuatan laporan keuangan yang mendalam. Sehingga, aplikasi pembukuan jual beli bisa menjadi solusi serba guna, yang bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis yang ada.
Baik itu bisnis toko retail, restoran, layanan online, sektor pariwisata, dan juga perusahaan faktur. Dapat memanfaatkan potensi penuh dari aplikasi pembukuan jual beli. Karena itulah, Anda tidak boleh sembarangan saja dalam memilih aplikasi pembukuan. Terutama untuk memaksimalkan potensi dan kinerja bisnis Anda.
Apa Itu Aplikasi Pembukuan Jual Beli?
Sesuai dengan namanya, aplikasi pembukuan jual beli merupakan sebuah perangkat lunak yang berguna untuk mencatat seluruh transaksi yang terjadi dalam sebuah bisnis. Melalui aplikasi ini, pemilik bisnis dapat melacak dan mengelola seluruh aspek keuangan dari bisnis tersebut secara langsung.
Mulai dari aktivitas jual beli, mencatat jumlah penjualan, pembelian barang, manajemen inventaris, hingga pembuatan laporan keuangan. Untuk mencapai tujuan tersebut, aplikasi pembukuan jual beli pun dilengkapi dengan berbagai fitur penting. Seperti halnya:
- Pencatatan Transaksi Penjualan dan Pembelian: Pertama, aplikasi pembukuan jual beli memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencatat seluruh transaksi yang ada di Bisnis. Data yang tercatat sendiri umumnya mencakup informasi penting seperti halnya tanggal transaksi, deskripsi produk jualan, harga, jumlah unit, informasi pembayaran, dan lain lain;
- Manajemen Inventaris dan Stok Barang: Selain itu, aplikasi pembukuan jual beli umumnya juga memiliki fitur manajemen inventaris. Yang memungkinkan pemilik Bisnis untuk melacak stok barang, dan memberikan notifikasi kepada penjual apabila stok barang akan habis;
- Pembuatan Laporan Keuangan: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat laoran keuangan yang terperinci terkait laba rugi, neraca, dan arus kas. Melalui laporan ini, pelaku Bisnis dapat memiliki gambaran penuh terkait kinerja dan Kesehatan keuangan Bisnis mereka.
- Pelacakan Utang dan Piutang: Selanjutnya, yaitu fitur pelacakan utang dan piutang, yang memungkinkan pengguna untuk melacak hutang yang harus dibayar pada pihak tertentu. Serta melacak piutang yang diterima dari pihak terkait. Hal ini dapat membantu Bisnis tersebut dalam mengatur kas, dan melakukan pembayaran tepat waktu.
- Pengelolaan Data Pelanggan dan Supplier: Secara umum, aplikasi pembukuan jual beli sendiri juga memiliki fitur untuk mengelola data pelanggan dan supplier. Yang mencakup informasi kontak, preferensi, Riwayat transaksi, dan informasi penting lain yang bisa membantu bisnis Anda untuk membangun hubungan yang lebih personal;
- Integrasi dengan Sistem Pembayaran: Terakhir, fitur penting yang ada pada aplikasi pembukuan jual beli yaitu integrasi sistem pembayaran. Yang memungkinkan bisnis Anda untuk mencatat transaksi dalam pembukuan, tanpa perlu melakukan input manual yang repetitif dan membuang waktu.
Baca Juga : Tips Memilih dan Menggunakan Aplikasi Akuntansi untuk Yayasan
Aplikasi Pembukuan Jual Beli Cocok Untuk Bisnis Apa Saja?
Untuk penggunaannya sendiri, aplikasi pembukuan jual beli dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis skala kecil, menengah, hingga skala besar. Beberapa contoh bidang bisnis yang cocok menggunakan aplikasi ini meliputi:
Toko Retail
Pertama, aplikasi pembukuan jual beli sangat cocok untuk diterapkan pada toko retail yang menjual barang langsung ke konsumen. Misalnya seperti toko pakaian, elektronik, alat rumah tangga, dan jenis toko lainnya untuk mencatat penjualan dan mengelola stok barang secara efektif.
Restoran dan Kafe
Bisnis dalam sector food and beverage juga dapat memanfaatkan potensi penuh dari aplikasi pembukuan jual beli. Untuk melacak pembelian bahan baku, penjualan menú, dan juga mengelola persediaan dengan lebih optimal dan efisien.
Pertanian dan Peternakan
Selain itu, aplikasi pembukuan jual beli juga cocok untuk bisnis pada sector pertanian dan peternakan. Untuk mencatat transaksi jual beli hasil pertanian, hewan ternak, pengeluaran modal untuk perawatan hewan ternak, dan lain sebagainya.
Perusahaan Manufaktur
Perusahaan manufaktur juga sangat cocok untuk menggunakan aplikasi pembukuan jual beli. Terutama untuk mencatat pembelian bahan baku, biaya produksi, inventaris barang jadi, dan lain sebagainya.
Jasa dan Konsultan
Bisnis yang bergerak dalam bidang jasa atau konsultan juga dapat memanfaatkan aplikasi pembukuan. Untuk mencatat transaksi layanan yang mereka berikan kepada klien, serta memudahkan bisnis jasa untuk mengelola keuangan.
Penyedia Layanan Online
Bisnis yang beroperasi secara online seperti halnya layanan pengiriman, penjualan e commerce, atau aplikasi berlangganan. Pastinya membutuhkan aplikasi pembukuan jual beli untuk mencatat transaksi transaksi secara online, dan juga memudahkan dalam mengelola inventaris.
Pariwisata dan Perhotelan
Perhotelan, agen travel, dan layanan wisata juga merupakan salah satu bisnis yang dapat memanfaatkan potensi penuh dari aplikasi pembukuan jual beli. Untuk melacak reservasi, mengelola inventaris, transaksi pembayaran, dan memudahkan manajemen keuangan.
Kesehatan dan Layanan Media
Praktik dokter, rumah sakit skala kecil, apotek, klinik, dan bisnis kesehatan lainnya juga membutuhkan fitur dari aplikasi pembukuan jual beli. Untuk mengelola pembelian obat, keuangan bisnis, dan juga biaya layanan medis.
Teknologi dan Perangkat Lunak
Perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software, layanan IT, dan teknologi. Juga membutuhkan aplikasi pembukuan untuk mengelola pembelian software, biaya pengembangan, penjualan lisensi, dan berbagai aktivitas keuangan lainnya.
Konstruksi dan Properti
Bisnis dalam sektor konstruksi, agen real estate, pengembangan property, dan Perusahaan property. Juga membutuhkan aplikasi pembukuan jual beli. Untuk melacak biaya pengeluaran proyek, pembayaran kontraktor, dan juga transaksi jual beli properti.
Pendidikan dan Pelatihan
Lembaga pendidikan, kursus, atau pusat pelatihan juga membutuhkan aplikasi pembukuan jual beli. Untuk mengelola pendaftaran siswa, biaya pendidikan, melacak pengeluaran, dan memantau arus keuangan bisnis.
Layanan Kebersihan dan Maintenance
Terakhir, aplikasi pembukuan jual beli juga memiliki peran yang penting pada bisnis layanan kebersihan, perawatan properti, ataupun perbaikan rumah. Untuk melacak biaya operasional, memantau pendapatan dari layanan yang ada, serta membeli peralatan untuk kegiatan operasional.
Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap bisnis tentunya memiliki kebutuhan yang spesifik terkait aspek manajemen dan operasional bisnis mereka. Karena itulah, ada baiknya Anda memilih aplikasi pembukuan jual beli, dengan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.
Salah satu aplikasi pembukuan jual beli yaitu Aplikasi Entis, yaitu aplikasi pembukuan yang menyediakan fitur custom made sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda pun dapat memaksimalkan potensi penuh dari aplikasi pembukuan Entis.
Dapatkan demo gratis selama 30 hari, untuk memberikan gambaran penuh terkait fitur apa saja yang ada pada aplikasi pembukuan jual beli Entis. Hubungi tim Pinnacle Tech Vision sekarang juga, melalui link yang tersedia berikut ini.
Baca Juga : Inilah Peran Penting Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur
Apa Saja Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Jual Beli?
Menggunakan aplikasi pembukuan jualan online sendiri memiliki banyak keuntungan yang signifikan bagi bisnis Anda. Beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam menggunakan aplikasi pembukuan jualan online yaitu meliputi:
Ketepatan dan Akurasi
Pertama, aplikasi pembukuan jualan online memungkinkan pencatatan transaksi yang lebih akurat. Karena prosesnya yang serba otomatis, dan terstruktur. Hal ini akan sangat penting untuk mengurangi resiko human error, dan membantu dalam pembuatan laporan keuangan.
Efisiensi Operasional
Melalui fitur yang terintegrasi dan serba otomatis, aplikasi pembukuan jualan online dapat memberikan manfaat. Untuk mengelola transaksi, mengurangi pekerjaan manual yang repetitif, dan juga mempercepat proses pencatatan dan pengelolaan inventaris.
Pemantauan Keuangan Real-Time
Dengan akses langsung ke data yang aktual dan real time, pemilik bisnis nantinya dapat memantau arus keuangan secara real time. Yang berguna untuk mengidentifikasikan tren penjualan, mengelola kas dengan lebih optimal, dan membantu untuk mengambil keputusan yang lebih cepat berdasarkan informasi terbaru.
Manajemen Inventaris yang Lebih Baik
Tak hanya itu, aplikasi pembukuan jualan online juga dapat membantu dalam memantau stok barang dengan lebih efisien. Dengan informasi penjualan dan pembelian yang up to date tersebut, penjual pun akan jauh lebih mudah untuk mengelola persediaan bisnis mereka.
Pengelolaan Hutang dan Piutang
Melalui fitur fitur tertentu, aplikasi pembukuan jualan online juga memungkinkan penjual untuk memantau hutang dan piutang dengan lebih baik lagi. Sehingga, hal ini dapat membantu bisnis Anda untuk memiliki arus kas yang jauh lebih efektif dan efisien.
Laporan Keuangan yang Mudah Dibuat
Selanjutnya, aplikasi pembukuan jualan online juga memiliki fitur untuk membuat laporan keuangan dengan lebih mudah dan cepat. Sehingga hal ini dapat memberikan wawasan yang mendalam terkait informasi keuangan bisnis Anda.
Membantu Bisnis Mematuhi Peraturan
Dalam beberapa kasus sendiri, aplikasi pembukuan jualan online juga dapat membantu bisnis untuk mematuhi regulasi dan kebijakan yang berlaku. Dengan menyediakan laporan keuangan yang akurat dan aktual, tanpa ada manipulasi data yang tidak disengaja.
Dapat Mendukung Pertumbuhan Bisnis
Terakhir, keuntungan lain dalam penggunaan aplikasi pembukuan jualan online yaitu dapat mendukung pertumbuhan bisnis. Baik itu bisnis skala kecil atau skala besar, aplikasi pembukuan jual beli dapat menyesuaikan diri, tanpa harus melakukan perubahan secara menyeluruh pada aplikasi tersebut.
Baca Juga : Software Akuntansi Hotel & Penginapan, Apa Saja Perannya?
Langkah Langkah Implementasi Aplikasi Pembukuan Jual Beli
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam bisnis, Anda tentunya tidak dapat sembarangan saja dalam mengimplementasikan aplikasi pembukuan jualan online. Adapun beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dalam melakukan implementasi aplikasi pembukuan. Meliputi:
1. Evaluasi Kebutuhan Bisnis
Langkah pertama dalam memilih aplikasi pembukuan jualan online yakni dengan mengidentifikasikan kebutuhan dan tujuan spesifik dari bisnis Anda. Pahami terlebih dahulu, apa hal yang ingin Anda capai dengan menggunakan aplikasi pembukuan?
Apakah itu untuk mengelola inventaris, mencatat transaksi, melacak hutang piutang, atau berbagai fitur lainnya? Kemudian, pilihlah aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan tersebut.
2. Pemilihan Aplikasi yang Tepat
Setelah memahami kebutuhan bisnis, tentunya Anda harus mencari aplikasi pembukuan jualan online yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda sebelumnya. Pilihlah aplikasi yang memiliki fitur yang memadahi, serta tampilan antarmuka yang user friendly. Agar aplikasi tersebut dapat diadopsi dengan mudah oleh tim bisnis Anda.
3. Pelatihan Karyawan
Berikan juga pelatihan kepada tim Anda tentang cara penggunaan aplikasi pembukuan jualan online tersebut. Pastikan bahwa tim bisnis Anda benar benar mengerti, bagaimana cara menggunakan fitur fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Sehingga tidak menghambat operasional dan produktivitas dari bisnis Anda.
4. Integrasi dengan Sistem yang Ada
Apabila bisnis Anda telah menggunakan beberapa sistem atau perangkat lunak lain, pastikan bahwa aplikasi pembukuan jualan online dapat terintegrasi dengan sistem yang sudah ada tersebut. Dengan begitu, hal ini dapat menjamin arus pertukaran data yang optimal, pada aspek operasional bisnis Anda.
5. Kustomisasi dan Konfigurasi
Selanjutnya, lakukan juga penyesuaian aplikasi dengan kebutuhan spesifik pada bisnis Anda. Misalnya saja dengan mengatur format laporan yang sesuai, mengatur notifikasi saat stok rendah, dan lain sebagainya.
6. Uji Coba dan Evaluasi
Sebelum Anda menggunakan aplikasi pembukuan jualan online tersebut sepenuhnya, lakukan uji coba terlebih dahulu kepada bisnis Anda. Lakukan evaluasi secara berkala terhadap fitur fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Dan pastikan bahwa semua fitur tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan yang Anda miliki sebelumnya.
7. Penerapan Bertahap
Bila diperlukan, lakukan implementasi aplikasi pembukuan secara bertahap. Mulai dari area yang paling vital atau membutuhkan perubahan yang cepat terlebih dahulu. Hal ini nantinya akan sangat membantu untuk mengurangi tekanan tim untuk beradaptasi dengan sistem baru.
8. Dukungan dan Pemeliharaan
Pastikan juga ada dukungan teknis yang tersedia dari vendor aplikasi pembukuan jualan online. Hal ini akan sangat penting apabila ada kendala teknis saat menggunakan aplikasi tersebut.
9. Evaluasi Terus-Menerus
Terakhir, Anda dapat melakukan evaluasi secara berkala, dan melakukan peninjauan apakah aplikasi pembukuan jualan online tersebut sudah sesuai dengan harapan Anda. Perhatikan apakah ada hal lain yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, untuk memastikan bisnis Anda memperoleh keuntungan penuh dari aplikasi tersebut.
Baca Juga : Mengenal Aplikasi Akuntansi General Ledger dan Manfaatnya
Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Jual Beli yang Tepat
Dalam memilih aplikasi pembukuan jualan online, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut meliputi:
1. Kebutuhan Bisnis
Pertama, pastikan bahwa Anda memilih aplikasi pembukuan jualan online yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Perhatikan kebutuhan dan tujuan apa yang ingin Anda capai dalam penggunaan aplikasi tersebut sebelum Anda memberikan keputusan terakhir.
2. Kemudahan Penggunaan
Selanjutnya, pastikan bahwa aplikasi pembukuan jualan online tersebut mudah digunakan, baik oleh Anda sendiri ataupun tim bisnsi Anda. Melalui antarmuka yang intuitif, tim bisnis Anda pun akan jauh lebih mudah dan mempelajari penggunaan aplikasi tersebut tanpa harus menghambat operasional dan produktivitas bisnis Anda.
3. Skalabilitas
Pastikan juga bahwa aplikasi tersebut dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Ada baiknya apabila aplikasi tersebut dapat memberikan fitur tambahan, dan meningkatkan fitur yang sudah ada. Tanpa harus melakukan perubahan secara menyeluruh.
4. Integrasi
Apabila bisnis Anda sebelumnya telah menggunakan sistem lain, pastikan bahwa aplikasi pembukuan tersebut dapat terintegrasi dengan sistem yang sudah ada sebelumnya. Untuk menjamin kelancaran dalam pertukaran data pada bisnis Anda.
5. Keamanan
Dalam sebuah bisnis, tentunya ada banyak informasi sensitif yang harus Anda lindungi dengan baik privasinya. Itulah mengapa, pastikan Anda memilih aplikasi dengan tingkat keamanan yang terjamin, yang dapat diAndalkan untuk melindungi informasi penting bagi bisnis Anda.
6. Harga dan Biaya
Terapkan juga evaluasi biaya penggunaan dari aplikasi pembukuan jualan online tersebut. Apakah biaya yang Anda keluarkan tadi sudah sesuai dengan fitur dan manfaat yang ada atau tidak. Tak hanya itu, pertimbangkan juga berbagai biaya tambahan lainnya. Seperti biaya dukungan teknis, ataupun biaya untuk konfigurasi dan penambahan fitur aplikasi.
7. Dukungan Pelanggan
Perhatikan juga dukungan pelanggan dari pihak vendor aplikasi pembukuan jualan online. Dukungan ini akan menjadi pertimbangan penting, terutama apabila Anda mengalammi masalah dan membutuhkan bantuan untuk menggunakan aplikasi tersebut.
8. Ulasan dan Reputasi
Tinjau ulasan dan reputasi vendor aplikasi pembukuan jualan online dari pengguna sebelumnya yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini nantinya akan berperan penting untuk memberikan gambaran luas terkait kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut.
9. Pembaruan dan Peningkatan
Terakhir, perhatikan juga apakah aplikasi pembukuan jual beli dapat diperbarui dan ditingkatkan secara berkala. Pembaruan dan peningkatan ini akan sangat berperan penting untuk menjaga keamanan, dan juga memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru di masa mendatang.
Aplikasi pembukuan Entis merupakan solusi finansial bisnis all in one yang menyediakan fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain aplikasi yang ‘custom made’ kami juga memiliki tim berpengalaman, yang selalu siap untuk membantu Anda dalam menggunakan aplikasi pembukuan secara maksimal.
Dapatkan demo gratis aplikasi pembukuan Entis selama 30 hari penuh, dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision langsung melalui link berikut ini. Atau dengan mengklik tombol yang tersedia dibawah ini.