Contoh Up Selling Minuman yang Sukses dan Efektif
Up selling sering digunakan sebagai salah satu cara untuk menarik minat pelanggan sekaligus meningkatkan profitabilitas bisnis, termasuk pada bisnis minuman. Maka dari itu, memahami contoh up selling minuman penting bagi anda yang ingin meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis minuman.
Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai apa itu up selling, contoh up selling minuman, dan strategi yang efektif untuk menerapkannya. Diharapkan setelah membaca artikel ini anda dapat menerapkannya pada bisnis minuman yang anda miliki untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Langsung saja, mari simak selengkapnya!
Apa Itu Up Selling?
Sebelum membahas bagaimana contoh up selling minuman, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan up selling. Up selling merupakan suatu skema penjualan di mana penjual akan menawarkan kepada pelanggan untuk membeli versi yang lebih mahal atau peningkatan dari produk tersebut.
Penerapan up selling memiliki tujuan untuk menaikkan nilai transaksi yang terjadi dan membantu pelanggan menemukan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan begitu bisa dikatakan up selling bukan sekedar mendorong pembelian produk yang lebih mahal, namun juga fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan.
Strategi up selling ini cukup efektif dalam meningkatkan pendapatan pada berbagai bisnis termasuk bisnis minuman. Sudah banyak penerapan contoh up selling minuman yang sukses dilakukan dan bisa meningkatkan nilai transaksi, baik di kedai kopi, restoran, maupun jenis bisnis minuman lainnya.
Contoh Up Selling Minuman di Berbagai Tempat
Up selling minuman umumnya dilakukan dengan menawarkan nilai tambah dari produk yang sama seperti ukuran gelas yang lebih besar atau topping tambahan, dan lain-lain. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut kami berikan beberapa contoh up selling minuman beserta penjelasannya:
Restoran
Up selling minuman sering diterapkan di restoran. Pelayan restoran bisa menawarkan produk minuman ukuran lebih besar atau varian rasa yang premium setelah pelanggan memilih minuman. Dengan cara ini restoran dapat meningkatkan keuntungan, sementara pelanggan bisa mendapatkan kepuasan lebih dengan produk yang lebih baik atau banyak.
Contoh up selling produk minuman di restoran:
Ketika ada pelanggan yang memesan es teh manis, pelayan bisa menawarkan es teh manis versi refillnya atau ukuran jumbo dengan sedikit tambahan biaya. Selain itu, pelayan juga bisa menawarkan varian es teh dengan rasa yang lebih premium seperti es teh leci atau apel.
Kedai Kopi
Strategi up selling minuman juga sering digunakan pada kedai kopi atau cafe. Barista kedai kopi tersebut bisa menawarkan saran untuk menambahkan sirup pada kopinya atau saran upgrade ke varian minuman kopi yang lebih premium. Dengan begitu, pelanggan bisa menikmati pengalaman minum kopi yang lebih sesuai.
Contoh up selling produk minuman di kedai kopi atau cafe:
Ketika ada pelanggan yang memesan latte biasa, barista bisa menyarankan untuk menambah rasa sirup karamel, vanila, atau hazelnut untuk rasa yang lebih enak. Alternatif lainnya, barista juga bisa menawarkan kepada pelanggan untuk mengupgrade latte nya ke minuman kopi yang lebih premium seperti cappuccino atau affogato.
Restoran Fine Dining
Pada restoran fine dining biasanya up selling minuman dilakukan dengan rekomendasi yang lebih personal dan detail. Pelayan restoran fine dining akan menawarkan produk minuman yang lebih berkualitas atau dipasangkan dengan hidangan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman makan pelanggan.
Contoh up selling produk minuman di restoran fine dining:
Ketika ada pelanggan yang memesan wine, pelayan restoran fine dining akan menyarankan untuk memilih wine vintage yang lebih mahal. Pada menu pairing, pelayan bisa menyarankan wine yang paling cocok untuk hidangan yang dipesan oleh pelanggan. Misalnya, jika pelanggan memesan steak pelayan bisa merekomendasikan wine merlot.
Bioskop
Pada bioskop up, selling minuman dilakukan dengan menawarkan ukuran lebih besar atau digabung ke dalam paket khusus. Penjaga bioskop akan menyarankan pelanggan untuk melakukan upsize minuman yang sudah dipesan atau paket khusus yang digabung dengan makanan seperti popcorn atau snack lainnya.
Contoh up selling produk minuman di bioskop:
Ketika pelanggan memesan minuman soda, penjaga bioskop bisa menyarankan untuk melakukan upsize ukuran minuman menjadi lebih besar dengan sedikit tambahan biaya. Alternatif lainnya, penjaga bioskop juga bisa menawarkan paket kombo yang sudah mencakup minuman soda dan snack seperti popcorn atau hotdog.
Baca juga: “Contoh Upselling di Restoran yang Efektif Beserta Strateginya“
Lounge Hotel
Pada bar atau lounge hotel, up selling minuman diterapkan dengan cara menawarkan upgrade pada jenis minuman atau promo menarik kepada pelanggan. Bartender bisa menyarankan variasi minuman yang lebih spesial dengan harga yang lebih mahal atau promo seperti seperti buy one get one.
Contoh up selling produk minuman di Lounge hotel:
Ketika ada pelanggan hotel yang memesan mocktail, bartender bisa menyarankan mocktail spesial signature buatan bartender itu sendiri dan sedang ada promo buy one get one. Ini membuat pelanggan tertarik karena varian mocktail tersebut tentu tidak tersedia di menu lain dan adanya promo khusus.
Kedai Teh Modern
Contoh up selling minuman di sebuah kedai teh modern biasanya dilakukan dengan cara menawarkan tambahan topping atau pilihan variasi rasa yang lebih premium kepada pelanggan. Penjaga kedai teh tersebut bisa menyarankan topping seperti grass jelly atau pudding dan variasi rasa seperti apel, leci, atau lemon.
Contoh up selling produk minuman di kedai teh modern:
Ketika ada pelanggan yang memesan teh susu biasa, penjaga kedai akan menawarkan topping tambahan seperti oreo, boba, atau jelly yang bisa menambah cita rasa. Selain itu, mereka juga dapat menyarankan pelanggan untuk mencoba teh dengan rasa yang lebih premium seperti lemon yang lebih segar.
Strategi Melakukan Up Selling Minuman yang Efektif
Setelah mengetahui contoh up selling minuman, anda perlu memahami strategi yang tepat agar pelanggan semakin tertarik untuk memilih versi minuman yang lebih mahal atau baik. Berikut adalah beberapa strategi up selling minuman yang bisa anda ikuti beserta penjelasannya, antara lain:
Menawarkan Peningkatan Ukuran
Strategi yang umum digunakan dalam penerapan up selling minuman adalah menawarkan peningkatan ukuran. Strategi ini cocok untuk produk-produk minuman yang biasa dijual dalam berbagai ukuran seperti kopi, soda, atau jus. Setelah pelanggan memesan ukuran standar, anda dapat menawarkan versi yang lebih besar dengan sedikit tambahan biaya.
Mempromosikan Minuman Spesial
Memiliki minuman spesial yang hanya tersedia pada momen tertentu dengan harga yang sedikit lebih mahal dapat menarik pelanggan untuk memilihnya. Strategi ini dapat membangun kesan eksklusivitas yang membuat pelanggan merasa minuman tersebut lebih bernilai, sehingga meningkatkan ketertarikan untuk membelinya.
Baca juga: “Perhitungan Lebih Akurat Dengan Aplikasi Untuk Rekap Penjualan“
Menggunakan Menu atau Visual Menarik
Menampilkan gambar minuman yang terlihat menyegarkan pada menu dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk yang lebih mahal. Foto yang menarik atau papan penawaran dengan deskripsi yang mewah bisa meningkatkan daya tarik minuman, sehingga pelanggan tergoda untuk membelinya, meskipun harganya lebih tinggi.
Memberikan Promosi dan Diskon
Buat promosi khusus seperti paket bundle minuman dengan diskon atau tambahan gratis yang membuat pelanggan merasa mendapat nilai lebih dari pilihan yang lebih tinggi. Tawarkan potongan harga pada minuman premium, misalnya diskon 10% untuk mocktail jika pelanggan memesan menu steak.
Memberikan Rekomendasi yang Relevan
Salah satu strategi untuk menerapkan contoh up selling minuman yang efektif adalah memberikan rekomendasi yang relevan. Tawarkan pilihan minuman yang sesuai dengan preferensi pelanggan dan situasi saat itu. Misalnya, menawarkan sirup vanilla pada latte atau paket minuman bundling untuk kelompok.
Optimalkan Strategi Upselling Minuman dengan Software dari Pinnacle Tech Vision
Sekian pembahasan kami mengenai contoh up selling minuman serta beberapa strategi penerapannya. Up selling minuman tidak hanya berdampak pada peningkatan nilai transaksi, tetapi juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena mendapatkan minuman yang lebih sesuai dengan preferensi mereka. Apalagi dengan menggunakan bantuan software ERP dari PTV.
Pinnacle Tech Vision (PTV) menyediakan software ERP yang dapat membantu penerapan up selling minuman pada bisnis anda semakin efisien dan optimal. Dengan fitur unggulan seperti manajemen riwayat pembelian sebelumnya, software ini dapat memudahkan anda untuk memberikan penawaran yang relevan dan tepat sesuai dengan preferensi pelanggan.
Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Segera klik tombol dibawah ini untuk dapat langsung terhubung dengan tim Pinnacle Tech Vision. Konsultasikan kebutuhan software anda dan dapatkan kesempatan uji coba demo aplikasinya secara gratis selama 30 hari.