Marketing & Sales

Apa Itu Sell Through Rate? Simak Definisi dan Perannya

apa itu sell through rate

Tingkat penjualan memegang peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis di pasar. Semakin tinggi tingkat penjualan, semakin besar keuntungan yang didapatkan oleh bisnis tersebut. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan mengetahui sell through rate bisnis.

Sell through rate merupakan sebuah perhitungan yang dapat mengukur sejauh apa suatu produk diminati oleh pasaran. Selain itu, Sell through rate juga dapat mempermudah bisnis untuk mengetahui secara tepat apa saja hal yang perlu dilakukan dalam meningkatkan penjualan.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lebih dalam mengenai apa itu sell through rate. Mulai dari pengenalan, perannya, dan cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan sell through rate. Langsung saja, berikut selengkapnya mengenai apa itu sell through rate.

Apa Itu Sell Through Rate?

Apa itu sell through rate? Sell through rate atau STR merupakan sebuah matrik yang mengukur persentase produk terjual berdasarkan stok yang tersedia dalam periode tertentu. STR dihitung dengan membagi jumlah produk terjual dengan jumlah stok awal dan kemudian dikalikan 100.

Contoh nya seperti, ada barang yang sudah terjual 100 pcs dalam waktu 1 jam dari stok awalnya yang berjumlah 300 pcs. Berikut perhitungan untuk mengetahui sell through rate nya:

Sell Through Rate  = (100300) 100

= 0,33 100

Sell Through Rate = 33,33%

Sehingga ditemukan jika 33,33% dari total stok produk tersebut berhasil terjual dalam kurun waktu 1 jam.

Sell through rate memiliki peran penting dalam meningkatkan keuntungan dalam sebuah bisnis. Produk dengan STR rendah menandakan bahwa produk tersebut tidak laku terjual di pasar dan perlu dilakukan penyesuaian harga atau strategi promosi agar tetap profit.

Sedangkan produk dengan STR menunjukkan bahwa produk tersebut sangat diminati di pasar. Hal ini menandakan jika strategi penjualan yang diterapkan pada produk ini berhasil dan dapat menjadi peluang untuk meningkatkan margin keuntungan yang didapatkan dari penjualannya.

Selain itu, STR ini juga dapat membantu bisnis anda dalam mengambil keputusan terkait ketersediaan. Dengan mengetahui informasi mana produk yang kurang laku dan laku, membuat bisnis anda dapat menentukan waktu restock yang paling tepat agar tidak terjadi kelebihan maupun kekurangan.

Dari penjelasan apa itu sell through rate di atas, dapat disimpulkan jika sell through rate atau STR tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi dalam penjualan. Akan tetapi juga memaksimalkan pengelolaan persediaan dan meningkatkan keuntungan penjualan produk dari suatu bisnis.



Peran Sell Through Rate dalam Bisnis

Setelah mengetahui apa itu sell through rate, berikutnya kami akan membahas perannya dalam bisnis. Sell through rate memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan produk suatu bisnis. Berikut penjelasan dari beberapa peran sell through rate dalam bisnis yang perlu anda ketahui:

Membantu Mengukur Efektivitas Penjualan

STR membantu bisnis anda dalam memberikan gambaran tentang seberapa cepat suatu produk terjual di pasaran. Hal ini dapat membantu anda untuk memastikan apakah strategi penjualan yang digunakan pada bisnis sudah berjalan dengan cukup efektif atau perlu sedikit penambahan.

Manajemen Inventaris yang Lebih Baik

STR dapat membantu bisnis anda dalam memberikan informasi mengenai kapan harus menambah atau mengurangi stok produk. Hal ini memungkinkan bisnis anda untuk terhindar dari terjadinya kelebihan stok atau kehabisan stok produk yang dapat merugikan penjualan.

Membantu Menentukan Tren Konsumen

Memantau penjualan dengan STR, memungkinkan anda dapat mengidentifikasi tren produk mana yang populer dan mana yang sepi peminat. Hal ini dapat membantu bisnis anda dalam penyesuain produk di masa mendatang berdasarkan preferensi pelanggan di pasar.

Membantu Mengoptimalkan Harga dan Promosi

Dengan menggunakan perhitungan yang sudah dibahas sebelumnya pada bagian apa itu sell through rate, dapat membantu bisnis anda untuk mencapai keuntungan lebih besar. Tinggi rendahnya STR setiap produk memberikan informasi yang memungkinkan bisnis melakukan penyesuaian harga atau promosi dengan tepat.

Membantu Perencanaan Produksi yang Tepat

Melalui STR, anda dapat mendapatkan gambaran yang akurat mengenai kebutuhan pasar terkini dengan mudah. Anda dapat mengetahui kecepatan produk terjual dari total stok yang tersedia. Hal ini dapat membantu bisnis anda menyusun perencanaan produksi yang lebih efisien dan tepat waktu.

Membantu Pengelolaan Arus Kas yang Lebih Baik

STR dapat membantu bisnis anda melakukan penyesuain strategi penjualan sehingga produk dapat terjual lebih cepat. Produk yang terjual cepat memungkinkan arus kas masuk menjadi lebih cepat juga sehingga bisnis anda mampu membayar utang dalam jangka pendek seperti pajak dan sebagainya.

Membantu Pengelolaan Risiko Produk Baru

STR dapat memberikan informasi terperinci untuk bisnis anda mengenai sejauh apa performa suatu produk baru di pasar. Hal ini memungkinkan bisnis anda untuk menilai dan mengurangi dampak yang timbul dalam pengembanangan dan peluncuran produk baru dengan tepat.

Membantu Mengurangi Biaya Penyimpanan

STR dapat memberikan anda berbagai informasi yang dapat membantu anda dalam melakukan penyesuaian produk yang dijual sesuai kondisi pasar. Hal ini memungkinkan bisnis anda untuk terhindar dari penumpukan barang yang tidak laku sehingga biaya penyimpanan berkurang.

Cara Meningkatkan Sell Through Rate

Untuk memahami secara lengkap mengenai apa itu sell through rate, anda perlu mengetahui juga bagaimana cara meningkatkan persentase sell through rate. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan sell through rate beserta penjelasannya, antara lain seperti:

Analis Data Penjualan Produk

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menganalisis data riwayat penjualan suatu produk. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi tren dan pola penjualan sehingga anda dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait strategi penjualan yang tepat untuk produk tersebut.

Tingkatkan Kualitas Produk

Berikutnya untuk meningkatkan sell through rate adalah dengan cara meningkatkan kualitas produk. Pastikan setiap produk yang dijual telah memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Hal ini membuat produk tersebut mendapatkan ulasan positif yang dapat digunakan untuk mendukung penjualan.

Perbaiki Strategi Pemasaran

Cara berikutnya adalah dengan memperbaiki strategi pemasaran. Gunakan strategi pemasaran seperti iklan, promosi, dan pemasaran digital yang menarik untuk meningkatkan kemungkinan produk ditemukan oleh pelanggan dengan mudah. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk semakin tertarik membeli produk tersebut.

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Lakukan peningkatan fasilitas pada bisnis anda agar dapat memberikan pelayanan dan pengalaman belanja yang lebih baik sekaligus menyenangkan kepada pelanggan. Pengalaman pelanggan yang positif dapat membantu meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan sehingga membuat penjualan meningkat.

Tingkatkan Keberagaman Produk

Salah satu cara yang dapat anda gunakan dalam meningkatkan sell through rate adalah menambahkan variasi produk yang dapat menarik berbagai macam pelanggan. Dengan banyaknya ragam produk yang dijual, memungkinkan bisnis anda untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan peluang penjualan.

Gunakan Solusi Teknologi

Berikutnya, anda dapat menggunakan solusi teknologi yang sesuai dalam meningkatkan sell through rate suatu produk. Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi untuk melakukan analisis data penjualan dan pemantauan produk secara real-time dan lebih akurat.

Tingkatkan Riset Pasar

Salah satu cara meningkatkan persentase sell through rate yang dapat melengkapi pemahaman menyeluruh mengenai apa itu sell through rate adalah riset pasar. Hal ini dilakukan untuk memahami kebutuhan pelanggan sehingga anda dapat melakukan penyesuain strategi penjualan sesuai kondisi pasar terkini.

Tingkatkan Sell Through Rate Bisnis Anda dengan Aplikasi dari Pinnacle Tech Vision!

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai apa itu sell through rate, perannya dalam bisnis, serta cara meningkatkannya. Semoga seluruh informasi yang kami berikan tadi dapat menambah wawasan anda mengenai apa itu sell through rate dalam dunia bisnis.

Salah satu cara yang dapat mempermudah anda dalam meningkatkan sell through rate setiap bisnis adalah dengan menggunakan aplikasi dari Pinnacle Tech Vision. Dengan fitur unggulan dan mudah diakses, memungkinkan anda dapat lebih mudah meningkatkan penjualan pada bisnis.

Segera rasakan kemudahan dalam menentukan strategi penjualan yang paling tepat. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan uji coba aplikasinya secara gratis dan rasakan bagaimana aplikasi dari Pinnacle Tech Vision dapat membuat bisnis anda berkembang lebih pesat.