Finance

6 Cara Menghitung HPP Makanan Mudah untuk Bisnis Kuliner

cara menghitung hpp makanan

Setiap pemilik bisnis termasuk bisnis makanan perlu menetapkan harga jual yang tepat untuk mendapatkan keuntungan dan menjaga keberlanjutan usaha. Salah satu hal yang perlu diketahui untuk mencapai hal tersebut adalah dengan cara menghitung HPP makanan. 

HPP makanan adalah besar biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi sebuah makanan. Dengan memahami cara menghitung HPP makanan, dapat membantu pemilik bisnis makanan dalam menentukan harga jual yang tidak terlalu berlebihan dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Apa Itu HPP Makanan?

HPP (Harga Pokok Penjualan) makanan adalah total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu makanan yang akan dijual kepada konsumen. Bisa dikatakan, kita dapat mengetahui seberapa besar biaya yang dihabiskan untuk membuat suatu makanan menggunakan cara menghitung HPP makanan sebelum dijual.

Mengetahui HPP makanan cukup penting bagi pebisnis di dunia kuliner. Selain membantu menentukan harga jual suatu menu yang tepat, HPP makanan juga membantu memastikan harga tersebut sudah menguntungkan. Hal ini dapat membantu mencegah kerugian akibat penetapan harga yang terlalu rendah.

Selain itu, mengetahui secara mendalam cara menghitung HPP makanan memungkinkan membantu sebuah bisnis kuliner untuk dapat melakukan strategi pengendalian biaya yang lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membantu meningkatkan profitabilitas bisnis, meningkatkan daya saing, dan memastikan keberlangsungan usaha.



Cara Menghitung HPP Makanan

Untuk mengetahui HPP makanan, tentu kita harus memahami cara menghitung HPP makanan. Secara umum, perhitungan HPP melibatkan beberapa komponen biaya yang terkait dengan produksi suatu menu. Berikut adalah langkah – langkah yang dapat diikuti untuk menghitung HPP makanan:

Ketahui Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku merujuk pada biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku yang diperlukan dalam dalam proses produksi suatu menu makanan. Biaya ini mencakup semua bahan utama, bahan tambahan, bumbu – bumbu, hingga kemasan untuk membungkus makanan.

Contohnya seperti pada sebuah usaha ayam goreng kentucky. Biaya bahan baku pada usaha ini meliputi harga ayam, harga bumbu – bumbu masak, harga minyak goreng, harga saos sambal, harga plastik untuk pembungkus, dan harga kebutuhan bahan baku lainnya. 

Ketahui Biaya Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja diartikan sebagai biaya yang dikeluarkan untuk membayar karyawan yang bertugas dalam proses produksi produk makanan. Biaya ini meliputi gaji karyawan, tunjangan, dan benefit lainnya yang diberikan kepada koki, pembantu dapur, dan karyawan produksi lainnya.

Dalam menghitung gaji karyawan untuk biaya tenaga kerja, dapat disesuaikan dengan metode pembayaran yang telah disepakati sebelumnya seperti harian, mingguan, atau bulanan. Pastikan juga upah lembur maupun upah bonus lainnya dapat dimasukkan ke dalam perhitungan biaya tenaga kerja jika ada.

Ketahui Biaya Overhead

Biaya overhead atau biaya operasional lainnya merujuk pada biaya yang tidak secara langsung terkait dengan produksi makanan, tetapi tetap diperhitungkan sebagai bagian dari HPP makanan. Biaya overhead ini meliputi biaya listrik, biaya sewa tempat, dan sebagainya. 

Ketahui Total Biaya Produksi

Total biaya produksi merupakan hasil dari penjumlahan total biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead dalam sebuah produksi makanan. Total biaya produksi penting untuk diketahui agar dapat melakukan perhitungan harga pokok penjualan makanan secara akurat.

Baca juga: “Inilah Peran Penting Software Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Ketahui Jumlah Makanan yang Diproduksi

Selanjutnya, untuk mengetahui harga pokok penjualan suatu makanan, perlu dilakukan perhitungan mengenai jumlah total makanan yang diproduksi dalam suatu periode waktu tertentu. Misalnya seperti usaha roti lapis perlu menghitung jumlah roti lapis yang berhasil diproduksi dalam 1 hari.

Hitung Harga Pokok Penjualan Makanan

Langkah terakhir adalah menghitung harga pokok penjualan makanan. Masukkan biaya – biaya yang sudah diketahui sebelumnya ke dalam rumus perhitungan HPP makanan. Umumnya, rumus perhitungan HPP makanan adalah total biaya produksi dibagi dengan jumlah produk yang dihasilkan.

Untuk lebih mempermudah anda memahami cara menghitung HPP makanan, simak contoh berikut ini:

Ada pebisnis membuka usaha ayam bakar. Diketahui biaya bahan bakunya sebesar Rp25.000.000, biaya tenaga kerjanya sebesar Rp5.000.000 dan biaya overhead sebesar Rp8.000.000. Usaha ini memproduksi 500 ayam bakar per bulan. Perhitungan HPP nya adalah:

Jumlah produk yang dihasilkan: 500 ayam bakar

Biaya bahan baku: Rp25.000.000

Biaya tenaga kerja:Rp5.000.000

Biaya overhead: Rp8.000.000

Total biaya produksi: 25.000.000 + 5.000.000 + 8.000.000 = Rp38.000.000

Maka, HPP usaha ayam bakar tersebut adalah:

HPP = total besar biaya produksi / produk yang dihasilkan

HPP = Rp38.000.000 / 500

HPP = Rp76.000 per ayam bakar

Jadi HPP usaha ayam bakar tersebut adalah Rp76.000 untuk satu ayam bakar.

Hasil HPP ini dapat digunakan untuk menentukan harga jual yang menguntungkan. Contohnya seperti pebisnis usaha ayam bakar tadi ingin mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari setiap penjualan ayam bakarnya. Maka perhitungan harga jual ayam bakarnya adalah:

Harga jual = HPP + (HPP X besar keuntungan)

Harga jual = Rp76.000 + (Rp76.000 X 10%)

Harga jual = Rp76.000 + Rp7.600

Harga jual = Rp83.600

Jadi usaha ayam bakar tadi dapat menjual ayam bakarnya Rp83.600 agar mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari penjualan yang terjadi. 

Strategi Mengoptimalkan HPP Makanan

Selain mengetahui cara menghitung HPP makanan, kita juga perlu mengoptimalkannya agar profitabilitas dan efisiensi bisnis kuliner tetap terjaga. Mengelola HPP secara tepat dapat mempermudah bisnis dalam meningkatkan keuntungan penjualan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan HPP makanan:

Pilih Pemasok yang Tepat

Cari pemasok yang menawarkan bahan baku berkualitas dengan harga yang kompetitif. Anda dapat membandingkan harga dari berbagai pemasok dan memilih yang dapat memberikan penawaran harga terbaik tanpa mengurangi kualitas bahan baku, sehingga biaya bahan baku berkurang.

Tingkatkan Efektivitas Penggunaan Bahan Baku

Strategi selanjutnya yang dapat digunakan adalah memaksimalkan penggunaan bahan baku yang ada. Misalnya, dengan menciptakan menu baru yang unik dan menarik dari sisa bahan baku yang ada. Hal ini tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga dapat menarik minat pelanggan dengan penawaran yang berbeda.

Baca juga: “5 Manfaat Aplikasi Akuntansi UMKM untuk Kelola Keuangan

Mengatur Porsi Makanan

Mengatur ukuran porsi makanan dengan konsisten, dapat membantu mencegah pemborosan bahan baku dan memastikan setiap porsi makanan menghasilkan keuntungan yang optimal. Dengan begitu, total biaya produksi yang ada dapat ditekan dan margin keuntungan dapat ditingkatkan.

Pengelolaan Stok yang Efektif

Pengelolaan persediaan bahan baku yang baik seperti menggunakan sistem inventaris, dapat membantu memastikan bahwa stok bahan baku selalu tersedia dan terhindar dari kelebihan maupun kekurangan. Hal ini dapat membantu meminimalisir risiko pemborosan bahan baku karena tidak digunakan dalam produksi.

Melakukan Peninjauan Berkala

Lakukan peninjauan secara rutin mengenai kemungkinan perubahan yang terjadi pada biaya bahan baku, tenaga kerja, dan overhead. Hitung kembali harga jual menggunakan cara menghitung HPP makanan jika terjadi perubahan biaya untuk memastikan bisnis tetap dapat menghasilkan keuntungan.

Tingkatkan Keuntungan Bisnis Makanan Anda dengan Aplikasi dari Pinnacle Tech Vision!

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu HPP makanan, cara menghitung HPP makanan, dan strategi untuk mengoptimalkannya. Selain dengan memahami HPP, anda juga dapat memaksimalkan keuntungan bisnis makanan anda secara lebih efektif menggunakan aplikasi bisnis dari Pinnacle Tech Vision.

Pinnacle Tech Vision menyediakan berbagai aplikasi bisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis makanan anda seperti aplikasi kasir, menu digital, dan sebagainya. Dengan fitur unggulan, berbagai aplikasi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan profitabilitas bisnis anda.

Segera konsultasikan kebutuhan anda dengan tim Pinnacle Tech Vision dan dapatkan uji coba aplikasinya secara gratis. Klik tombol di bawah ini dan rasakan bagaimana pemahaman cara menghitung HPP makanan dan penggunaan aplikasi ini, dapat membawa bisnis makanan anda semakin berkembang.