Marketing & Sales

7 Manfaat ERP Sales Order yang Efektif untuk Penjualan

manfaat erp sales order

Sales order sudah menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan penjualan dari suatu bisnis karena perannya dalam mengoptimalkan proses penjualan. Dengan sales order yang efisien, pengelolaan pesanan pelanggan dapat berjalan dengan lebih terstruktur, sehingga setiap transaksi berjalan lancar.

Salah satu solusi teknologi yang dapat digunakan untuk membantu mengelola pesanan pelanggan dengan lebih efektif adalah ERP sales order. Dengan berbagai fitur dan manfaat ERP sales order, dapat membantu sebuah bisnis untuk mempercepat waktu pemrosesan pesanan, sehingga meningkatkan efektivitas penjualan.

Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda mengenai ERP sales order secara lebih lengkap. Mulai dari fitur, cara memilih software erp untuk sales order yang tepat, dan manfaat ERP sales order. Langsung saja, mari kita simak selengkapnya!

7 Manfaat ERP Sales Order untuk Penjualan

Penggunaan software ERP sales order menawarkan beberapa manfaat yang dapat membantu bisnis anda lebih berkembang mulai dari otomatisasi proses pemesanan hingga analisis data yang mendalam. Berikut adalah beberapa manfaat ERP sales order untuk yang perlu anda ketahui:

Peningkatan Efisiensi Proses Pesanan

Penggunaan ERP untuk sales order dapat membuat proses pesanan mulai dari pembuatan hingga pengiriman pesanan dapat diotomatisasi. Hal ini dapat membantu mengurangi beban kerja dan kesalahan yang biasanya terjadi pada cara manual, sehingga meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

Pengelolaan Stok yang Lebih Baik

Penggunaan ERP untuk sales order dapat mempermudah anda dalam memantau inventaris bisnis secara real-time dan akurat. Hal ini dapat membantu menghindari terjadinya potensi kekurangan atau kelebihan stok dengan menyediakan informasi langsung tentang persediaan saat memproses pesanan penjualan.

Penjadwalan Produksi yang Lebih Akurat

Berdasarkan informasi pesanan penjualan yang masuk, ERP untuk sales order dapat membantu penyusunan jadwal produksi dengan mempertimbangkan kapasitas dan ketersediaan bahan baku. Hal ini memungkinkan proses produksi menjadi lebih terorganisir, sehingga meningkatkan efisiensi proses produksi yang berjalan.

Baca juga: “Perbedaan Sales Order dan Invoice: Mana yang Anda Butuhkan?

Peningkatan Kolaborasi 

Penggunaan ERP untuk sales order dapat membantu meningkatkan kolaborasi antara tim penjualan, produksi, gudang, hingga keuangan. Hal ini memungkinkan setiap tim dapat lebih mudah mengakses informasi yang sama secara real-time, sehingga proses bisnis menjadi lebih efisien dan meminimalisir kesalahan data.

Kemudahan Integrasi

ERP untuk sales order memiliki kemampuan untuk dapat diintegrasikan dengan sistem atau aplikasi lain seperti keuangan, produksi, hingga logistik. Integrasi ini memungkinkan aliran data yang lancar dan otomatis, sehingga seluruh proses bisnis yang terjadi dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Penggunaan ERP untuk sales order memungkinkan dapat mempercepat proses pesanan, pelacakan status pesanan, hingga pengelolaan proses return dan komplain yang mudah. Hal ini dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Peningkatan Keamanan Data

Manfaat ERP sales order yang terakhir adalah jaminan keamanan data. software ini biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai dukungan sistem keamanan yang canggih seperti enkripsi data atau kontrol akses. Hal ini dapat membantu melindungi data sensitif anda dari berbagai kejahatan siber.



Fitur ERP Sales Order yang Harus Ada

Agar dapat merasakan berbagai manfaat ERP sales order, anda harus memastikan beberapa fitur ini tersedia dalam software ERP yang digunakan. Berikut adalah beberapa fitur penting yang harus ada di ERP sales order, antara lain seperti:

Manajemen Sales Order

Fitur utama yang harus dimiliki oleh ERP sales order adalah kemampuan untuk mengotomatisasi pencatatan sales order. Hal ini dapat membantu mengurangi proses input data manual yang biasanya dilakukan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya risiko kesalahan data.

Manajemen Persediaan Terintegrasi

ERP sales order biasanya terhubung dengan modul manajemen persediaan. Fitur ini dapat membantu memastikan bahwa barang yang dipesan siap tersedia di gudang. Selain itu, fitur ini akan memberikan peringatan atau menghubungkan order ke proses pembelian ulang jika barang tidak tersedia.

Pelacakan Status Pesanan

ERP sales order menyediakan fitur pelacakan status pesanan untuk mempermudah tim penjualan mendapatkan informasi pesanan secara real-time. Fitur ini juga dapat mengirimkan notifikasi otomatis jika terdapat perubahan status pesanan seperti dari pembuatan ke pengiriman pesanan.

Manajemen Produk

ERP sales order menyediakan fitur yang dapat membantu anda mengelola data produk mulai dari nama, deskripsi, harga, hingga stok produk. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencari, mengedit, dan menambahkan produk baru ke dalam katalog produk anda.

Laporan

Fitur yang harus ada selanjutnya untuk dapat merasakan manfaat ERP sales order secara maksimal adalah laporan. Fitur laporan dapat membantu anda untuk mendapatkan berbagai jenis laporan seperti laporan performa penjualan, tren pasar, hingga preferensi pelanggan.

Baca juga: “7 Fitur Aplikasi Sales Order untuk Bantu Naikkan Penjualan

Cara Memilih ERP Sales Order yang Tepat

Terdapat beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih software ERP sales order yang tepat agar dapat merasakan manfaat ERP sales order secara maksimal. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih software erp yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda:

Identifikasi Kebutuhan

Langkah awal memilih software ERP adalah mengetahui kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai menggunakan ERP. Identifikasi bagian mana saja pada bisnis anda yang perlu dikelola dengan lebih baik agar berjalan lebih efisien, misalnya seperti pada bagian produksi atau bagian keuangan.

Selain itu, susun juga daftar fitur utama maupun fitur pendukung yang harus tersedia di dalam ERP sales order yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya seperti, pengelolaan pelanggan, pembuatan pesanan pelanggan, inventori, pengelolaan pengiriman, atau pembukuan.

Pastikan Mudah Digunakan

Pilihlah ERP untuk sales order yang memiliki halaman antarmuka yang mudah dipahami dan digunakan. Hal ini akan mempercepat proses adaptasi karyawan di bisnis anda untuk segera dapat menggunakan ERP sales order, sehingga tidak memerlukan pelatihan yang terlalu banyak.

Pastikan Memiliki Sistem Keamanan Data yang Baik

Pastikan ERP untuk sales order yang anda pilih sudah dilengkapi dengan sistem keamanan canggih seperti enkripsi data atau kontrol akses. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh data sensitif yang tersimpan pada ERP dapat terlindungi dari pencurian maupun kebocoran data.

Pastikan Mendukung Integrasi

Pastikan ERP sales order yang anda pilih nanti mendukung fitur untuk dapat diintegrasikan dengan sistem atau aplikasi pendukung lainnya. Hal ini akan memudahkan anda dan karyawan untuk dapat mengakses seluruh informasi penjualan yang dibutuhkan cukup dalam satu platform yang terintegrasi.

Pastikan Penyedia ERP Memberikan Jaminan Dukungan Pelayanan

Software ERP untuk sales order sudah dipastikan akan memegang peran penting untuk menjadi kelancaran dari sebuah proses penjualan. Maka dari itu, anda perlu memastikan bahwa penyedia ERP dapat memberikan jaminan dukungan pelayanan yang responsif jika terjadi kendala pada aplikasi.

Pastikan penyedia aplikasi pilihan anda memiliki kontak dukungan pelayanan yang lengkap dan mudah untuk dihubungi. Selain itu, pastikan juga apakah penyedia memiliki tim dukungan pelanggan yang responsif dan selalu siap membantu anda dalam mengatasi berbagai kendala yang terjadi pada aplikasi.

Gunakan Demo ERP Terlebih Dahulu

Langkah terakhir dalam memilih ERP untuk sales order yang tepat adalah anda bisa meminta terlebih dahulu demo aplikasinya sebelum memutuskan untuk membelinya secara penuh. Hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui kecocokan ERP pilihan anda dengan kebutuhan bisnis.

Itulah beberapa cara dalam memilih software ERP untuk sales order yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Terakhir, pastikan software ERP pilihan anda sudah sesuai dengan tujuan bisnis anda agar bisnis anda mendapatkan manfaat ERP sales order secara optimal.

Untuk anda yang masih bingung memilih penyedia ERP, Pinnacle Tech Vision solusinya. Pinnacle Tech Vision siap menyediakan kebutuhan software ERP untuk sales order yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Dengan fitur unggulan, aplikasi ini dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis anda.

Segera konsultasikan kebutuhan software ERP bisnis anda dengan tim Pinnacle Tech Vision dan dapatkan uji coba aplikasinya secara gratis. Klik tombol di bawah ini dan rasakan bagaimana aplikasi ini dapat membantu proses penjualan bisnis anda dengan lebih efisien.