Finance

8 Cara Hitung Gaji Gross ke Net dengan Akurat dan Mudah

cara hitung gaji gross ke net

Menghitung gaji dari gross ke net secara akurat dan efisien menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan banyak. Banyaknya komponen gaji yang harus dimasukkan dalam perhitungan, memungkinkan kesalahan perhitungan dapat terjadi jika tidak dilakukan dengan cermat.

Saat ini, sudah muncul solusi teknologi yang dapat mempermudah anda dalam melakukan perhitungan gaji gross ke net dengan akurat yaitu aplikasi payroll. Aplikasi ini memiliki sistem perhitungan yang telah disesuaikan dengan cara hitung gaji gross ke net yang tepat.

Dalam artikel kali ini, kami akan membantu anda menjelaskan secara lebih dalam mengenai cara hitung gaji gross ke net, kemudahan, hingga keuntungan dari aplikasi payroll. Diharapkan setelah membaca artikel ini, anda dapat memahami cara mengubah gaji gross ke net.

8 Cara Hitung Gaji dari Gross ke Net

Ada beberapa tahapan proses perhitungan yang perlu dilakukan untuk mengubah gaji gross karyawan menjadi gaji net. Berikut penjelasan dari langkah-langkah cara hitung gaji gross ke net yang perlu anda ketahui, antara lain meliputi:

Persiapkan Total Gaji Gross

Langkah awal dari perhitungan gaji dari gross ke net adalah persiapkan data total gaji gross. Gaji gross adalah total gaji yang akan diterima oleh karyawan sebelum dikenai potongan dengan cara menjumlahkan gaji pokok, insentif, bonus, hingga lembur.

Tetapkan PTKP

Sebelum ke tahap menghitung pajak penghasilan, ketahui terlebih dahulu besaran penghasilan tidak kena pajak atau PTKP yang didapatkan oleh seorang karyawan. Hal ini dikarenakan besaran PTKP dibutuhkan dalam proses perhitungan pajak penghasilan pada setiap karyawan.

Penghasilan tidak kena pajak ini memiliki besaran yang sudah ditentukan oleh lembaga yang berwenang berdasarkan status karyawan tersebut seperti status perkawinan hingga jumlah tanggungan. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, bisa dilihat pada website lembaga keuangan di daerah anda.

Tetapkan PKP

Berikutnya, tentukan PKP atau penghasilan kena pajak. PKP adalah besaran penghasilan yang nantinya terkena pajak. PKP ini penting digunakan dalam tahap perhitungan Pph 21 nantinya. Cara perhitungannya adalah gaji gross dikurangi dengan besaran PTKP yang didapatkan.

Tetapkan Pph 21

Tahap berikutnya, hitung dan tentukan Pph 21. Caranya dengan mengalikan penghasilan kena pajak yang sebelumnya sudah didapatkan dengan persenan dari Pph 21. Besar persenan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan ditentukan oleh lembaga keuangan setempat berdasarkan total penghasilan setahun.

Pph 21 di Indonesia memiliki ketentuan seperti, total penghasilan hingga 60 juta dikenakan 5%. 60 juta hingga 250 juta setahun dikenakan 15%. 250 juta hingga 500 juta dikenakan 25% . Dan yang terakhir untuk di atas 500 juta dikenakan 30%. 

Setelah persenan di tentukan, langsung saja hitung dengan mengalikan persenan Pph 21 dengan penghasilan kena pajak. Perhitungan ini akan menghasilkan Pph 21 yang dikenakan oleh karyawan dalam setahun. Untuk mengubahnya menjadi bulanan, bisa dibagi dengan 12.

Hitung Potongan BPJS Kesehatan

Tahap berikutnya, hitung potongan BPJS kesehatan. Menurut peraturan di Indonesia, kontribusi untuk pembayaran BPJS kesehatan biasanya sebesar 5% dari gaji dengan rincian 1% dibayarkan karyawan dan sisanya 4% oleh perusahaan. Sehingga, perhitungannya adalah 1% dikalikan dengan gaji gross bulanan karyawan.

Hitung Potongan BPJS Ketenagakerjaan

Berikutnya adalah dengan menghitung potongan BPJS ketenagakerjaan. Umumnya beberapa komponen BPJS ketenagakerjaan seperti jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, sudah dibayarkan oleh perusahaan sepenuhnya. Karyawan hanya membayar untuk jaminan hari tua dengan perhitungan 2% dikalikan dengan gaji gross bulanan karyawan.

Hitung Potongan Lain

Selanjutnya, tentukan potongan lain yang perlu dimasukkan dalam perhitungan jika ada. Biasanya seperti adanya iuran tertentu, potongan cicilan pinjaman karyawan jika sedang meminjam uang dari perusahaan, atau bisa juga denda yang dikenakan karyawan karena melanggar sesuatu.

Hitung Total Gaji Bersih

Langkah terakhir dari Cara hitung gaji gross ke net adalah lakukan pengurangan gaji gross karyawan dengan berbagai pajak atau potongan lainnya yang sudah ditentukan tadi. Setelah semua pengurangan sudah dilakukan, gaji net karyawan sudah berhasil diketahui jumlahnya.

Untuk lebih jelasnya kami buatkan contohnya: 

Karyawan menerima gaji gross 9 juta per bulan atau 108 juta per tahun dengan status belum menikah dan tidak ada tanggungan. Dengan begitu, karyawan ini termasuk kelompok TK/0 yang mendapatkan PTKP 54 juta sehingga PKP nya adalah 54 juta.

Berdasarkan peraturan Pph 21 yang berlaku, karyawan ini mendapatkan persenan pajak sebesar 15% karena memiliki total penghasilan di antara 60 juta hingga 250 juta. Lalu, lakukan perhitungan Pph 21 dengan cara PTKP dikalikan persenan Pph 21. 

Perhitungan PKP

108.000.000 -54.000.000 =54.000.000

Perhitungan Pph 21 Tahunan

54.000.000 15%=8.100.000

Pph 21 Bulanan : 8.100.000 12 =675.000

Perhitungan BPJS Kesehatan

9.000.000 1% =90.000

Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan

9.000.000 2%=180.000

Perhitungan Gaji Net Bulanan

9.000.000-675.000-90.000-180.000=8.055.000

Gaji net yang diterima karyawan tadi adalah 8.055.000



Aplikasi Payroll untuk Mempermudah Perhitungan Gaji dari Gross ke Net

Aplikasi payroll menyediakan berbagai fitur yang dapat mempermudah anda dalam mengelola gaji setiap karyawan termasuk melakukan perhitungan dengan cara hitung gaji gross ke net tadi. Berikut beberapa fitur yang dapat membantu proses perhitungan gaji karyawan perusahaan anda menjadi lebih efisien:

Perhitungan Pajak Otomatis

Aplikasi payroll menyediakan fitur untuk mengotomasi potongan pajak penghasilan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Fitur ini melakukan perhitungan pajak dengan berdasarkan data gaji gross karyawan, tunjangan karyawan, dan potongan tambahan lainnya dengan lebih akurat.

Pengelolaan Tunjangan 

Aplikasi payroll memiliki fitur yang dapat membantu perusahaan untuk mengelola tunjangan karyawan seperti uang makan, transportasi, jaminan kesehatan, maupun lembur. Hasil tunjangan tadi akan ditambahkan secara otomatis ke gaji gross karyawan dan setelahnya baru dilakukan pemotongan-pemotongan pajak dan lainnya.

Integrasi dengan Sistem Absensi

Untuk mendapatkan hasil perhitungan gaji net yang lebih akurat, aplikasi payroll menyediakan fitur untuk dapat diintegrasikan dengan sistem absensi. Fitur ini memungkinkan data yang berkaitan dengan kehadiran seperti cuti atau lembur dapat secara otomatis masuk ke proses perhitungan gaji.

Pengelolaan Insentif

Aplikasi payroll menyediakan fitur untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola berbagai jenis insentif yang diberikan karyawan. FItur ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur bonus atau komisi yang didapatkan karyawan sekaligus menambahkannya secara otomatis ke proses perhitungan gaji.

Simulasi Gaji

Aplikasi payroll menyediakan fitur yang memungkinkan perusahaan dan karyawan untuk mengetahui perhitungan estimasi gaji yang akan diterima. Fitur ini akan menampilkan prediksi berupa gaji net yang berasal dari gaji gross yang telah dihitung berdasarkan komponen gaji yang ada.

Slip Gaji Digital

Aplikasi payroll dapat menghasilkan slip gaji yang menampilkan secara rincian gaji yang didapatkan karyawan. Slip ini menampilkan informasi detail mengenai tahapan cara hitung gaji gross ke net seperti berapa total Pph 21 yang dikenakan, potongan, hingga jumlah tambahan insentif.

Pengelolaan Pinjaman Karyawan

Aplikasi payroll menyediakan fitur untuk memudahkan perusahaan dalam mengatur setiap pinjaman karyawan. Fitur ini dapat membantu perusahaan dalam memastikan karyawan dapat membayarkan pinjamannya dengan memasukkan secara langsung potongan cicilan pinjaman pada proses perhitungan gaji karyawan.

Laporan Penggajian Karyawan

Aplikasi payroll dapat menghasilkan berbagai laporan yang berkaitan dengan penggajian karyawan. Laporan ini memberikan informasi penggajian karyawan secara terperinci seperti rincian potongan pajak, potongan cicilan, potongan pajak, rincian dana insentif, hingga rincian tunjangan yang didapatkan setiap karyawan. 

Keunggulan Aplikasi Payroll dari Pinnacle Tech Vision

Selain dapat mempermudah anda dalam melakukan cara hitung gaji gross ke net, aplikasi payroll juga memiliki beberapa keunggulan yang dapat anda rasakan dalam penggunaannya. Berikut beberapa keunggulan dari aplikasi payroll beserta penjelasannya, antara lain meliputi:

Meningkatkan Akurasi

Setiap proses penggajian karyawan, dapat dikelola secara terkomputerisasi dengan menggunakan aplikasi payroll. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk dapat meminimalisir terjadinya kesalahan manusia seperti salah hitung hingga salah catat sehingga data penggajian yang dihasilkan menjadi lebih akurat.

Menghemat Waktu dan Biaya

Aplikasi payroll dapat membuat proses perhitungan gaji karyawan dari gross ke net berjalan secara otomatis. Hal ini memungkinkan tim SDM perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menghitung gaji dan bisa dialokasikan untuk hal penting lainnya.

Selain itu, proses perhitungan gaji karyawan secara otomatis ini juga memungkinkan perusahaan untuk tidak menggunakan lagi jasa pihak ketiga atau membeli alat perhitungan manual. Hal ini dapat membantu perusahaan menghemat biaya operasionalnya dan dapat menyimpannya untuk pertumbuhan perusahaan kedepan.

Kepatuhan Pajak yang Lebih Mudah

Aplikasi payroll biasanya sudah disesuaikan dengan aturan perpajakan yang berlaku seperti PPH 21 di Indonesia. Hal ini memastikan jika perhitungan dan pemotongan pajak pada gaji setiap karyawan melalui aplikasi ini sudah sesuai dengan regulasi perpajakan yang berlaku.

Kemudahan Akses

Aplikasi payroll memungkinkan anda untuk dapat memantau dan mengelola perhitungan gaji karyawan dari gross ke net dari mana saja kapan saja. Hal ini dikarenakan aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat apa saja seperti smartphone atau laptop asalkan terhubung dengan internet.

Meningkatkan Keamanan Data

Aplikasi payroll biasanya sudah memiliki fitur keamanan yang sudah diterapkan pada setiap data yang tersimpan seperti enkripsi data dan kontrol akses. Hal ini memungkinkan data penggajian karyawan perusahaan anda terhindar dari pencurian data maupun kejahatan siber lainnya.

Tingkatkan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan anda dengan menggunakan aplikasi payroll dari Pinnacle Tech Vision. Dengan fitur-fitur unggulan, aplikasi payroll ini dapat mempermudah perusahaan anda untuk melakukan perhitungan gaji karyawan dengan cara hitung gaji gross ke net yang tepat.

Segera konsultasikan kebutuhan aplikasi absensi online perusahaan anda dengan kami dan dapatkan uji coba gratis aplikasinya dengan mengklik tombol di bawah ini!