Management

5 Cara Membuat Sistem Stok Barang yang Efektif dan Akurat

cara membuat sistem stok barang

Pengelolaan stok merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Hal ini dikarenakan persediaan stok yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan maupun permintaan pelanggan dapat membantu meningkatkan keuntungan sehingga bisnis bisa tetap bertahan.

Sistem stok barang menjadi salah satu pengembangan teknologi yang dapat memudahkan anda mengelola stok dengan lebih efisien. Sistem ini memiliki fitur seperti pengelolaan, pelacakan, hingga pelaporan yang dapat memastikan stok barang selalu tersedia sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membantu anda menjelaskan fitur, manfaat, dan cara membuat sistem stok barang. Diharapkan anda akan lebih mudah mendapatkan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan, setelah mengikuti cara membuat sistem stok barang ini nanti.

Manfaat Membuat Sistem Stok Barang

Sebelum mengetahui cara membuat sistem stok barang, akan lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu manfaat apa saja yang ditawarkan. Berikut beberapa manfaat membuat sistem stok barang yang dapat anda rasakan beserta penjelasannya antara lain seperti:

Lebih Efisien

Membuat sistem stok barang yang memiliki kemampuan untuk mengotomasi berbagai pengelolaan stok barang dapat membantu anda untuk menghemat waktu. Pencatatan masuk keluar barang, notifikasi restock, hingga pembuatan laporan otomatis memungkinkan dapat membantu mempercepat pekerjaan operasional bisnis anda.

Lebih Akurat

Membuat sistem stok barang memungkinkan anda mendapatkan informasi stok barang yang lebih akurat. Adanya pengelolaan stok barang secara komputerisasi di sistem ini, dapat membantu anda meminimalisir terjadinya human error yang biasanya terjadi pada cara manual.

Lebih Aman

Dengan mengikuti cara membuat sistem stok barang yang akan kita bahas, memungkinkan anda untuk memiliki sistem dengan fitur keamanan seperti enkripsi data atau kontrol akses. Hal ini memungkinkan seluruh data yang tersimpan pada sistem ini terlindungi dari berbagai kejahatan siber.

Hemat Biaya

Dengan membuat sistem stok barang memungkinkan anda untuk bisa menghemat biaya lebih banyak. Hal ini dikarenakan sistem ini dapat membantu anda menghindari potensi terjadinya kelebihan atau kekurangan stok barang sehingga pengeluaran biaya menjadi jauh lebih efektif.



5 Cara Membuat Sistem Stok Barang

Untuk dapat merasakan berbagai manfaat tadi secara maksimal, anda perlu memiliki sistem stok barang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut langkah-langkah dari cara membuat sistem stok barang menggunakan jasa kustom software Pinnacle Tech Vision yang bisa anda ikuti:

Identifikasi Daftar Kebutuhan 

Langkah pertama adalah pahami dan susun kebutuhan sistem stok barang anda. Anda dapat mulai memikirkan apa tujuan atau hasil yang ingin anda capai dengan sistem stok barang ini. Misalnya, seperti meningkatkan efisiensi manajemen atau kemudahan dalam melacak stok barang.

Selain itu, akan lebih baik jika anda juga menyusun daftar fitur yang nanti harus ada dalam sistem stok barang. Catat kebutuhan fitur-fitur utama maupun fitur pendukung lainnya yang dapat membantu anda dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Susun Anggaran untuk Membuat Sistem

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengenai pembiayaan. Anda perlu merancang anggaran yang bisa dikeluarkan untuk membuat sistem stok barang ini berdasarkan susunan daftar kebutuhan tadi. Pastikan anggaran yang ditentukan sesuai dengan sumber daya dan kebutuhan anda.

Hubungi Tim Pinnacle Tech Vision

Berikutnya anda dapat menghubungi tim dari Pinnacle Tech VIsion. Anda dapat menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui tombol di akhir dari artikel ini atau berbagai informasi kontak yang dapat anda temukan di bagian bawah website ini. 

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda

Langkah selanjutnya dari cara membuat sistem stok barang adalah konsultasikan kebutuhan yang sebelumnya sudah anda susun dengan Pinnacle Tech Vision. Pinnacle Tech Vision akan memberikan berbagai saran yang mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk anda berdasarkan susunan kebutuhan tadi.

Coba Demo Aplikasi

Langkah terakhir adalah anda dapat meminta demo sistemnya. Pinnacle Tech Vision menyediakan demo sistem yang dapat anda gunakan terlebih dahulu sebelum memutuskan membelinya secara penuh. Hal ini untuk membantu anda memastikan apakah sistem sudah berfungsi sesuai keinginan atau belum.

Fitur yang Harus Ada dalam Sistem Stok Barang

Dengan mengikuti cara membuat sistem stok barang sebelumnya, diharapkan sistem anda menyediakan fitur yang sudah sesuai dengan kebutuhan. Untuk anda yang masih bingung dalam menyusun daftar fitur, berikut kami bantu jelaskan beberapa fitur yang harus ada di sistem stok barang:

Pengelolaan Inventaris

Sistem stok barang biasanya menyediakan fitur yang memungkinkan anda untuk mengelola inventaris pada bisnis anda. Anda dapat menambahkan barang baru maupun mengedit stok dan deskripsi dari barang yang sudah ada. Selain itu, anda juga dapat menghapus barang dari stok.

Fitur ini juga dapat memudahkan anda untuk mengelompokkan barang yang ada berdasarkan kategori barangnya. Anda dapat mengelompokkan barang berdasarkan kategori seperti jenis barang atau merek barang. Selain itu, anda juga dapat membuat kategori baru, mengedit kategori, maupun menghapus kategori. 

Pemantauan Stok Secara Real-time

Sistem stok barang dapat memudahkan anda untuk memantau seluruh stok yang tersedia. Sistem ini dapat menampilkan jumlah stok barang yang tersedia secara real-time. Hal ini membantu anda untuk selalu mengetahui informasi stok yang tersedia dengan lebih mudah.

Selain itu, sistem ini juga dapat mengirimkan notifikasi saat jumlah stok barang tertentu berada di bawah batas minimum. Hal ini memungkinkan anda untuk dapat segera melakukan restock barang tersebut secara tepat waktu sehingga kegiatan operasional tetap lancar.

Pelacakan Lokasi Stok

Salah satu fitur yang harus dimiliki oleh sistem stok barang adalah dukungan penyimpanan informasi lokasi stok barang. Sistem ini dapat memberikan informasi lokasi stok barang di gudang kepada anda seperti di rak berapa atau bagian apa.

Selain itu sistem stok barang dapat membantu anda untuk melacak stok barang pada beberapa gudang sekaligus. Fitur ini memungkinkan anda untuk mendapatkan informasi lokasi stok barang yang tersedia dari seluruh gudang secara terpusat sehingga pencarian barang menjadi lebih mudah.

Integrasi dengan Sistem Pendukung Lain

Sistem stok barang memiliki kemampuan untuk bisa diintegrasikan dengan sistem lain seperti sistem POS atau sistem akuntansi. Hal ini memungkinkan pertukaran data informasi antar sistem menjadi lebih mudah sehingga dapat terhindar dari resiko terjadinya duplikasi data.

Pemindaian Barcode atau QR Code

Sistem stok barang yang bagus biasanya dapat diintegrasikan dengan alat pendukung seperti pemindai barcode atau QR code. Sistem dapat mengupdate informasi stok barang masuk atau keluar secara otomatis dengan cukup memindai barcode atau QR code barang tersebut.

Pelaporan

Salah satu fitur yang harus tersedia pada sistem stok barang adalah pelaporan. Fitur ini dapat membantu anda dalam menyusun laporan yang berisi informasi seperti stok barang yang tersedia dan stok barang yang habis dengan lebih mudah.

Sistem Keamanan

FItur terakhir yang wajib anda perhitungkan saat mengikuti cara membuat sistem stok barang adalah sistem keamanan. Sistem stok barang biasanya memiliki fitur keamanan seperti enkripsi data atau kontrol akses yang diterapkan pada setiap data yang tersimpan di dalam sistem.

Tertarik untuk mulai beralih ke sistem stok barang yang lebih andal sekarang? Semoga penjelasan yang kami berikan di artikel ini dapat membantu anda memahami kebutuhan manajemen stok dan cara pembuatannya dengan lebih baik. 

Capai tujuan bisnis anda secara lebih efisien dengan sistem stok barang yang dibuat di Pinnacle Tech Vision. Klik tombol di bawah ini untuk mulai mengkonsultasikan kebutuhan sistem stok barang anda dan dapatkan demo aplikasinya secara gratis!