Management

3 Jenis Software ERP yang Efektif untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

3 Jenis Software ERP yang Efektif untuk Kesuksesan Bisnis

Pengelolaan operasional yang optimal dapat membantu memperkuat bisnis untuk terus bersaing di pasar global. Untungnya, kemajuan teknologi sekarang telah berhasil menghadirkan software yang terbukti dapat membantu mencapai tujuan tersebut, yaitu software ERP.

Saat ini, terdapat beberapa jenis software ERP yang dapat membantu anda mengoptimalkan pengelolaan seluruh proses bisnis. Mulai dari ERP yang dapat anda kustomisasi sendiri sesuai keinginan, hingga ERP dengan pengelolaan sistem yang lebih kompleks.

Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda mengenai pengertian, manfaat, dan beberapa jenis software ERP. Diharapkan setelah membaca artikel ini anda dapat menemukan software ERP yang tepat, sesuai dengan kebutuhan. Langsung saja, mari kita simak pembahasannya!

Apa itu Software ERP?

Software ERP merupakan perangkat lunak yang dapat membantu mengelola berbagai alur kerja proses bisnis dalam satu sistem terpusat. Hal ini dapat terjadi karena ERP dapat diintegrasikan dengan fungsi bisnis dari berbagai departemen, seperti keuangan atau produksi.

Umumnya ada beberapa jenis software ERP yang dapat anda gunakan dalam mengelola bisnis. Setiap jenis software ERP ini dilengkapi dengan berbagai fitur utama dan beberapa fitur tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda agar proses bisnis anda berjalan lebih baik.

Selain itu, software ERP juga menawarkan beberapa manfaat yang dapat dirasakan saat anda menggunakannya. Anda akan merasakan bagaimana software ini dapat mempermudah peninjauan alur kerja bisnis yang sedang berjalan dengan lebih cepat sehingga efisiensi waktu meningkat.



Manfaat Penggunaan Software ERP

Software ERP dapat menawarkan banyak manfaat. Manfaat ini bisa anda rasakan melalui penggunaan berbagai jenis software ERP yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut penjelasan dari beberapa manfaat penggunaan software ERP, antara lain:

Integrasi Data yang Lancar

Software ERP memiliki kemampuan untuk dapat menyatukan berbagai proses bisnis, seperti sumber daya manusia atau keuangan ke dalam satu platform terpadu. Hal ini membuat data dari beberapa departemen bisnis sekaligus dapat tersinkronisasi dengan lancar tanpa ada kerusakan.

Efisiensi Operasional Bisnis yang Meningkat

Software ERP dapat mengotomatisasi berbagai proses bisnis yang biasanya memerlukan banyak waktu jika menggunakan cara manual. Hal ini memungkinkan setiap proses bisnis, seperti pelaporan hingga manajemen keuangan dapat diselesaikan dengan lebih cepat, dan terhindar dari risiko kesalahan manusia.

Pengelolaan Keuangan yang Lebih Baik

Software ERP dapat membantu anda dalam mengelola keuangan bisnis secara lebih efektif. Adanya dukungan modul keuangan dalam ERP memungkinkan anda untuk mengatur anggaran hingga membuat laporan keuangan dengan mudah. Ini akan membantu anda untuk memastikan aliran keuangan bisnis tetap lancar.

Kemudahan Mengelola Inventaris Bisnis

Penggunaan software ERP memungkinkan anda untuk dapat mengelola ketersediaan inventaris bisnis dengan lebih efektif. Anda dapat memantau informasi seperti ketersediaan peralatan bisnis secara real-time dengan mudah.

Bantuan Pengambilan Keputusan Bisnis 

Software ERP dapat membantu anda mendapatkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan bisnis. Hal ini dapat terjadi karena ERP dapat membuat laporan dari sumber yang akurat, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian, anda dapat mengambil keputusan bisnis secara objektif berbasis data akurat.

Kemudahan Kolaborasi

Penggunaan software ERP dapat memudahkan kolaborasi antar departemen. Hal ini dapat terjadi karena ERP memungkinkan setiap departemen dalam bisnis anda memiliki akses ke setiap data dan informasi bisnis. Dengan kemudahan ini, koordinasi antara departemen dapat berjalan dengan lebih terorganisir.

Menghemat Biaya

Penggunaan software ERP pada bisnis anda dapat memberikan penghematan biaya dalam jangka panjang. Selain membuat seluruh proses bisnis dapat berjalan secara lebih efisien, ERP juga memungkinkan bisnis untuk melakukan pengelolaan sumber daya yang lebih baik. Dari sini tentunya produktivitas bisnis pun akan meningkat.

Aksesibilitas Tinggi

Semua jenis software ERP menawarkan anda kemudahan akses monitoring bisnis tanpa perlu datang langsung ke lokasi. Anda dapat memantau dan mengelola berbagai proses bisnis yang sedang berjalan secara real-time kapan saja dan dari mana saja, asalkan terhubung dengan internet.

Efektivitas Manajemen Risiko Meningkat

Dengan keakuratan data dan informasi yang disediakan, software ERP dapat membantu anda untuk mendeteksi dan mengelola risiko bisnis secara lebih efektif. Hal ini memungkinkan bisnis anda cepat beradaptasi dengan perubahan pasar dan memperkecil potensi terjadinya kerugian.

Meningkatkan Daya Saing

Manfaat software ERP selanjutnya adalah dapat membantu bisnis anda untuk tetap bersaing dengan kompetitor. Hal ini dapat terjadi karena peningkatan efisiensi operasional bisnis dari penggunaan software ERP, dapat memberikan keunggulan kompetitif yang memungkinkan anda untuk menjadi pemimpin di industri bisnis anda.

3 Jenis Software ERP

Pada dasarnya, ada beberapa jenis software ERP yang dapat digunakan agar pengelolaan bisnis anda menjadi lebih baik. Untuk setiap jenis dari software ERP ini, memiliki fitur unggulannya masing-masing. Berikut beberapa jenis dari software ERP yang perlu diketahui, meliputi:

On-Premise ERP

On-premise ERP adalah software ERP yang diinstal dan dijalankan di server perusahaan itu sendiri. Artinya, penyimpanan data hingga pengelolaan perangkat jaringan yang akan digunakan untuk menjalankan seluruh fitur ERP ini, berada di bawah kendali penuh perusahaan.

On-premise ERP biasanya digunakan oleh suatu organisasi agar bisa menggunakan ERP yang dapat dikustomisasi sendiri sesuai kebutuhan dan memiliki jaminan keamanan data. Hal ini dikarenakan ERP ini memungkinkan perusahaan dapat menambahkan fitur dukungan atau peningkatan sistem keamanan secara mandiri.

On-premise ERP saat ini masih banyak digunakan karena anda hanya cukup sekali saja membeli lisensinya dan ERP resmi ini menjadi milik anda sepenuhnya. Selain itu, ERP ini juga menawarkan kemudahan pemeliharaan sistem yang dapat disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Akan tetapi ada beberapa tantangan yang harus anda hadapi saat ingin menggunakan on-premise ERP ini. Contohnya seperti kebutuhan biaya yang cukup tinggi, waktu instalasi yang seringkali cukup lama, hingga kebutuhan tim IT internal yang harus paham dengan ERP tersebut.

Cloud ERP

Jenis ERP selanjutnya adalah cloud ERP. Cloud ERP adalah software ERP yang dijalankan di server penyedia layanan dan diakses melalui internet. ERP jenis ini dikelola oleh pihak ketiga yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, pembaruan, dan keamanan sistem.

Cloud ERP cocok digunakan oleh organisasi berskala kecil maupun besar. Ini memungkinkan sebab anda tidak perlu menyiapkan berbagai keperluan pendukung karena ERP ini berjalan menggunakan server dari provider. Apalagi proses instalasinya, umumnya relatif lebih sederhana dan cepat dibandingkan On-premise ERP.

Akan tetapi cloud ERP ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Misalnya seperti ketergantungan pada koneksi internet untuk akses sistem, kustomisasi yang terbatas jika dibandingkan dengan on-premise ERP, hingga adanya biaya bulanan karena menggunakan sistem langganan.

Hybrid ERP

Jenis software ERP yang terakhir adalah hybrid ERP. Hybrid ERP adalah software ERP yang mengintegrasikan fitur dari On-premise ERP dan Cloud ERP. Jenis ERP ini berjalan dengan beberapa modul yang terinstal di server lokal, sementara sisanya berada di server penyedia layanan.

Hybrid ERP cocok digunakan oleh organisasi yang ingin menggunakan fitur dari On-premise ERP tapi tetap ingin memanfaat kelebihan dari Cloud ERP. Misalnya sebuah suatu organisasi bisa membutuhkan ERP yang dapat dikustomisasi secara mandiri, namun dapat diakses melalui internet dari mana saja.

Seperti dua jenis ERP sebelumnya, hybrid ERP ini juga tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Misalnya seperti pengelolaannya yang lebih kompleks, biaya pengelolaan yang bervariasi, hingga kebutuhan tim IT dengan keterampilan yang paham tentang On-premise ERP dan Cloud ERP.

Optimalkan Kinerja Bisnis Anda dengan software ERP dari Pinnacle Tech Vision!

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa manfaat penggunaan dan jenis software ERP. Setiap jenis software ERP memiliki cara kerja yang berbeda-beda, namun tetap menawarkan manfaat yang maksimal bagi bisnis. Kira-kira mana software ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda?

Software ERP dari Pinnacle Tech Vision hadir untuk menjawab segala kebutuhan bisnis anda. Software ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih serta sistem dengan keamanan tingkat tinggi yang dapat membuat kinerja bisnis anda menjadi lebih optimal.

Segera rasakan bagaimana teknologi ERP dari Pinnacle Tech Vision dapat membuat bisnis anda lebih berkembang. Klik tombol di bawah ini untuk mulai mengkonsultasikan kebutuhan ERP anda dengan kami dan dapatkan kesempatan untuk mencoba demo aplikasinya secara gratis!