Salah satu kunci sukses perusahaan dapat berkembang di era sekarang adalah membuat klien puas dengan hasil pekerjaan kita. Menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, lancar, dan sesuai permintaan klien adalah cara yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan sekaligus menciptakan citra baik ke pelanggan.
Namun, untuk dapat menyelesaikan banyak pekerjaan secara cepat, lancar, dan sesuai kebutuhan klien bukanlah sesuatu yang mudah. Kita perlu melalui banyak tahapan proses pengerjaan. Oleh karena itu, perangkat lunak paket aplikasi perkantoran hadir, untuk meringankan anda dalam menyelesaikan pekerjaan.
Perangkat lunak paket aplikasi perkantoran adalah kumpulan beberapa perangkat lunak yang berfungsi untuk membantu pekerjaan perkantoran. Software ini menawarkan kemudahan untuk anda dalam persoalan administratif hingga operasional di lingkungan kantor.
Berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, mempermudah para pekerja untuk membuat, mengedit, menyimpan berbagai jenis dokumen sesuai kebutuhan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk yang memunkinkan kolaborasi antar para pekerja dalam sebuah tim. Untuk mengetahui selengkapnya, mari kita simak penjelasan berikut!
8 Jenis Perangkat Lunak Paket Aplikasi Perkantoran
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis perangkat lunak paket aplikasi perkantoran yang tersedia dan memiliki fitur sesuai dengan fungsi tertentu. Misalnya aplikasi untuk mengedit dokumen atau aplikasi untuk mengelola kegiatan operasional. Berikut beberapa jenis aplikasi perkantoran, antara lain:
Software FICO
Persoalan akuntansi keuangan merupakan salah satu hal yang cukup krusial bagi perusahaan. Maka dari itu, perlu adanya aplikasi perkantoran untuk mempermudah persoalan keuangan, yaitu Fico (Finance and Control). Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengelola berbagai macam persoalan keuangan di perusahaan.
Fico sendiri adalah aplikasi perkantoran yang membantu dalam mengotomasi, mengintegrasikan dan sekaligus mengoptimalkan proses keuangan yang ada. Aplikasi ini dapat menyediakan data keuangan yang tepat secara real-time untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan aspek-aspek bisnis yang lain.
Software Sales dan Distribusi
Jenis aplikasi perkantoran yang selanjutnya adalah perangkat lunak yang dapat mengotomasi proses penjualan atau disebut juga dengan, software sales. Software ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi tim penjualan. Mulai dari mengelola aktivitas penjualan hingga melakukan analisis tentang proses penjualan yang terjadi.
Biasanya, pada beberapa software sales terdapat fitur untuk mengelola distribusi pesanan. Misalnya, seperti melacak distribusi produk secara real-time, mengelola rantai pasokan, hingga mengotomasi manajemen inventaris. Aplikasi ini juga dapat menghasilkan laporan analisis tentang bagaimana proses distribusi suatu produk.
Software HR
Software HR adalah salah satu jenis aplikasi perkantoran untuk memudahkan perusahaan dalam menjaring dan merekrut karyawan baru. Aplikasi ini membantu perusahaan untuk mengotomasi berbagai tahapan proses rekrutmen. Misalnya, mulai dari proses screening CV hingga penjadwalan wawancara dapat dikerjakan dengan cepat.
Selain rekrutmen, software HR juga memberikan kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Fitur-fitur seperti monitoring kinerja, manajemen tunjangan, hingga program pengembangan pekerja semua tersedia pada satu software ini.
Software CRM
Jenis aplikasi perkantoran selanjutnya adalah software CRM. Software ini memiliki fungsi yang memungkinkan perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya. CRM menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan perusahaan untuk memberikan program promosi maupun program loyalitas pelanggan.
Microsoft Office
Jenis aplikasi perkantoran yang satu ini sudah cukup umum digunakan orang-orang di berbagai kalangan. Microsoft office adalah aplikasi yang umum digunakan untuk pengolahan dokumen administrasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu dalam membuat bahan presentasi.
Paket aplikasi Microsoft Office ini terdiri dari beberapa software seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint. Software-software ini memiliki fiturnya masing-masing. Misalnya, Word digunakan untuk mengolah dokumen, Excel digunakan untuk mengolah spreadsheet, dan Powerpoint digunakan untuk membuat presentasi.
Software Manajemen Inventaris
Software manajemen inventaris adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam manajemen inventaris. Misalnya, seperti pencatatan dan pengelolaan barang yang lebih efektif. Penggunaan software ini memungkinkan perusahaan untuk dapat memantau stok inventaris secara real-time.
Software Pengolah Visual
Jenis software selanjutnya adalah software pengolah visual. Ini merupakan aplikasi yang dapat mempermudah kita untuk menciptakan atau memanipulasi sebuah objek gambar atau video. Biasanya software ini banyak digunakan oleh tim marketing di perusahaan untuk membuat kampanye pemasaran.
Software ini juga cukup banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif. Dengan menggunakan software ini, perusahaan kreatif dapat menciptakan konten-konten berkualitas, yang dapat berupa gambar atau video, untuk menarik pelanggan.
Software Quality Management
Jenis perangkat lunak paket aplikasi perkantoran yang terakhir adalah software quality management. Software Quality Management adalah aplikasi untuk mengelola dan memastikan kualitas produk yang diproduksi sudah memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan.
Penggunaan software ini dapat memungkinkan perusahaan untuk memastikan mutu produk yang diproduksi adalah yang terbaik dan siap didistribusikan ke pelanggan. Dengan begitu, kepuasan pelanggan akan meningkat karena produk dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.
4 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Paket Aplikasi Perkantoran
Menggunakan perangkat lunak paket aplikasi perkantoran dapat memberikan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa di antaranya:
Meningkatkan Produktivitas Kerja
Kemampuan automasi tugas dan pengelolaan data yang lebih cepat pada aplikasi perkantoran, dapat membantu anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan mudah, cepat, dan akurat. Hal ini membuat kita dapat menghemat waktu lebih banyak dan dapat menyelesaikan pekerjaan di bagian yang lain.
Penyimpanan Data yang Aman
Aplikasi perkantoran yang sudah terkomputerisasi dan mudah diintegrasikan dengan aplikasi lain memberikan kemudahan untuk menyimpan data-data penting dengan aman. Hal ini dapat meminimalisir risiko kehilangan data, karena anda dapat menemukan data kembali, kapanpun jika dibutuhkan.
Meringankan Beban Kerja
Dengan bantuan aplikasi perkantoran, hal seperti pemberian beban kerja yang terlalu banyak kepada pekerja untuk melakukan proses kerja yang sifatnya berulang dapat diminimalisir. Ini membuat pekerja lebih bahagia sekaligus meningkatkan kepuasan pekerja sehingga mereka akan bertahan lebih lama di perusahaan.
Menghemat Biaya
Keuntungan dari menggunakan perangkat lunak paket aplikasi perkantoran terakhir adalah mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mengadakan pelatihan, karena kebanyakan aplikasi perkantoran sudah dirancang agar mudah digunakan sesuai kebutuhan.
Optimalkan Kinerja Perusahaan Anda dengan Perangkat Lunak Paket Aplikasi Perkantoran!
Melalui penjelasan di atas semoga anda telah memahami apa saja jenis dan keuntungan dari perangkat lunak paket aplikasi perkantoran. Ada banyak jenis aplikasi perkantoran yang dapat memberikan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan maksimal.
Dengan penggunaan perangkat lunak paket aplikasi perkantoran yang tepat, anda dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan anda. Mulai dari meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan angka penjualan, hingga memperkuat hubungan perusahaan dengan para pekerja.
Anda tertarik untuk menggunakan perangkat lunak aplikasi perkantoran tapi masih bingung bagaimana cara mendapatkannya? Tenang saja, Pinnacle Tech Vision siap menyediakan kebutuhan aplikasi perkantoran yang dapat memudahkan berbagai kegiatan pekerjaan perusahaan anda.
Jangan lewatkan kesempatan ini begitu saja. Segera konsultasikan kebutuhan perangkat lunak paket aplikasi perkantoran anda dan dapatkan uji coba gratis dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol yang ada di bawah ini!