Marketing & Sales

7 Fitur Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web untuk Restoran

aplikasi pemesanan makanan berbasis web

Dalam berbisnis makanan terutama restoran, siapa yang tidak bahagia jika banyak pelanggan yang berdatangan. Mereka memesan berbagai macam pilihan makanan dan minuman yang tersedia dalam jumlah yang beragam sesuai dengan keinginan mereka. Di saat seperti inilah permasalahan mulai muncul.

Beberapa permasalahan ini muncul dikarenakan ramainya pelanggan yang berdatangan ke restoran. Apalagi, jika prosedur pemesanan di restoran tersebut masih menggunakan cara konvensional. Kesalahan seperti salah mencatat, pembuatan makanan tidak sesuai urutan hingga kesalahan perhitungan harga dapat terjadi.

Aplikasi pemesanan makanan berbasis web menjadi salah satu teknologi yang muncul sebagai solusi dari semua permasalahan tadi. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti yang dapat membantu anda mengelola restoran. Fitur – fitur seperti pemesanan hingga perhitungan akan meminimalisir risiko terjadinya kesalahan.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui aplikasi pemesanan makanan berbasis web apalagi jika anda merupakan seorang pemilik restoran. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan tentang aplikasi ini mulai dari pengenalan aplikasi, fitur-fitur, dan keuntungannya. Mari kita simak!

Mengenal Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web

Aplikasi pemesanan makanan berbasis web adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu mengelola kegiatan pemesanan hingga perhitungan secara terkomputerisasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, akan membantu efektivitas waktu kerja dan meminimalisir kesalahan pada sebuah restoran.

Setiap aplikasi pemesanan makanan, biasanya menawarkan fitur yang berbeda – beda berdasarkan paket penjualannya. Pada dasarnya, aplikasi pemesanan makanan berbasis web memiliki fitur seperti mencatat pesanan pelanggan, mencetak nota pesanan, melakukan perhitungan total harga pesanan, dan masih banyak lagi.

7 Fitur Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web

Sebelum anda menggunakan aplikasi pemesanan makanan berbasis web, penting untuk mengetahui secara lengkap apa saja fitur yang disediakan. Karena, fitur – fitur tersebut nantinya dapat memberikan kemudahan pada kita dalam mengelola restoran. Berikut beberapa fitur yang tersedia, antara lain :

Mengelola Menu

Fitur pertama dari aplikasi pemesanan makanan adalah kemampuannya dalam membantu mengelola menu yang ada. Aplikasi ini menyediakan kemudahan bagi penggunanya untuk menyimpan menu,  menambah menu, menghapus menu, maupun mengupdate detail atau stok item pada menu. 

Selain itu, terdapat juga fitur pencarian dan filter yang bisa digunakan untuk menemukan menu dengan cepat. Pengguna dapat mencari berdasarkan kategori jenis makanan, harga, dan lain sebagainya. Dengan hal ini, untuk menemukan menu yang sesuai tidak membutuhkan waktu yang lama.

Mencatat Pesanan Pelanggan

Fitur selanjutnya adalah kemampuan untuk mencatat pesanan pelanggan. Dengan berdasarkan data menu yang tersimpan sebelumnya, aplikasi ini dapat membantu mencatat pesanan pelanggan dan memberikan informasi seperti menu apa saja yang yang masih tersedia.

Pembayaran yang Terintegrasi

Aplikasi pemesanan makanan, biasanya sudan mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, Transfer Virtual Account, Dompet digital, dan lain sebagainya. Fitur ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk memilih metode pembayaran yang paling tepat dan sesuai.

Pengelolaan Promosi dan Diskon

Fitur selanjutnya adalah kemampuan aplikasi pemesanan makanan dalam membuat program promosi atau diskon sesuai kebutuhan pengguna. Contohnya mengatur menu mana saja yang termasuk promosi atau membuat program loyalitas pelanggan di mana, setiap pembelian akan mendapatkan poin dengan jumlah tertentu.

Penerimaan Pesanan Online

Adanya fitur ini, membuat anda tidak perlu aplikasi tambahan lagi yang dikhususkan untuk menerima pesan antar online. Aplikasi pemesanan makanan ini mampu diintegrasikan dengan mudah ke berbagai aplikasi pesan antar online. Dengan begitu, restoran dapat cepat memproses pesanan online tersebut

Integrasi Sistem Kasir

Aplikasi pemesanan makanan yang bagus, juga memiliki kemampuan untuk terintegrasi dengan sistem kasir. Selain dapat melakukan perhitungan secara akurat, fitur ini memberikan kemudahan dalam mengotomasi perbukuan. Sehingga tiap transaksi keuangan yang terjadi dapat tercatat dan tersimpan secara sistematis.

Enkripsi Data

Fitur dari aplikasi pemesanan makanan berbasis web selanjutnya adalah enkripsi data yang kuat. Fitur ini cukup penting untuk memberikan jaminan keamanan untuk data – data sensitif seperti informasi pelanggan, detail pembayaran pelanggan. hingga data pembukuan transaksi keuangan restoran.



6 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web

Tadi kita telah mengetahui fitur – fitur dari aplikasi pemesanan makanan berbasis web. Dengan dapat memaksimalkan berbagai fitur tadi, kita dapat merasakan beberapa keuntungan dari aplikasi pemesanan makanan ini. Berikut beberapa keuntungannya :

Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

Penggunaan aplikasi pemesanan, memungkinkan restoran kita menerima pesanan tidak hanya dari pelanggan yang datang langsung, melainkan juga pesanan pelanggan secara online. Hal ini membuat restoran kita dapat semakin menjangkau banyak pelanggan di luar sana bahkan yang belum pernah datang sekalipun.

Mempersingkat Waktu Antre

Dibandingkan dengan cara konvensional yang masih mencatat satu persatu pesanan pelanggan dengan cara menulisnya di kertas, penggunaan aplikasi pemesanan tentu lebih efisien. Cukup dengan meng klik pada menu pesanan yang dipilih pelanggan lalu klik selesai  dan, pesanan sudah tersimpan otomatis.

Bahkan terdapat juga aplikasi pemesanan makanan yang pelanggannya bisa memesan pesanan dari tempat duduk mereka masing – masing. Cukup dengan memesan dari web pemesanan makanan yang dapat diakses melalui smartphone masing – masing. Hal ini tentu mempermudah pelanggan karena tidak perlu mengantre.

Efisiensi Operasional

Penggunaan aplikasi pemesanan makanan juga memberikan efisiensi dalam kegiatan operasional di suatu restoran. Kesalahan – kesalahan yang biasanya terjadi seperti pengurutan makanan yang berantakan.Sehingga terdapat kemungkinan pesanan yang masuk lebih awal, baru mendapat pesanannya diakhir.

Oleh sebab itu, dengan kemampuan aplikasi pemesanan makanan yang dapat secara otomatis mengurutkan urutan pemesanan, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan seperti itu. Hal ini tentu akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan restoran.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Penggunaan aplikasi pemesanan makanan dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Pemesanan makanan yang lebih mudah dan tidak perlu waktu lama, penyajian makanan yang sesuai dengan urutan merupakan beberapa hal yang menjadi kunci meningkatnya kepuasan pelanggan restoran.

Memudahkan Pembuatan Laporan

Penggunaan aplikasi pemesanan makanan berbasis web juga dapat memudahkan pengelola untuk dalam mendapatkan laporan penjualan. Semua data transaksi yang telah tersimpan di aplikasi tersebut, dapat diolah sesuai dengan kebutuhan pengelola. Misal seperti, laporan perhitungan pemasukan atau laporan transaksi berdasarkan kriteria.

Jaminan Keamanan Data

Salah satu keuntungan dari penggunaan aplikasi pemesanan makanan yang sudah terkomputerisasi adalah memberikan keamanan yang jauh lebih aman dibandingkan cara konvensional. Dengan dilengkapi fitur keamanan yang canggih dan kuat, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pencurian atau kehilangan data.

Siap Meningkatkan Omset Restoran Anda dari Platform Digital?

Sampai sini seharusnya anda telah memahami fitur – fitur dan manfaat yang diberikan dari penggunaan aplikasi pemesanan makanan berbasis web. Dengan menggunakan platform digital seperti aplikasi pemesanan makanan ini, diharapkan dapat sangat efektif dalam meningkatkan pendapatan restoran anda.

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi pemesanan makanan berbasis web, juga membantu anda mengelola restoran secara lebih efektif. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan peningkatan layanan restoran yang menghasilkan meningkatnya kepuasan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang puas, semakin besar omset yang dihasilkan.

Pinnacle Tech Vision siap membantu anda dalam meningkatkan omset restoran dengan menyediakan aplikasi pemesanan makanan berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan. Segera konsultasikan kebutuhan anda dan dapatkan uji coba gratis selama 30 hari dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol yang ada di bawah ini.