Marketing & Sales

5 Cara Membuat QR Code Menu Restoran, Mudah dan Efektif!

cara membuat qr code menu restoran

Meningkatkan pelayanan merupakan hal yang penting dalam keberhasilan bisnis restoran. Di zaman digital sekarang, sudah banyak inovasi yang dapat memberikan solusi untuk hal tersebut. Salah satunya adalah penggunaan QR code menu restoran. 

QR code menu restoran menjadi salah satu teknologi yang dapat diterapkan dalam bisnis restoran. Ada banyak fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh sistem QR code menu ini. Jadi tidak heran jika kini banyak restoran yang mulai mengadopsi sistem ini. 

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh sistem QR code menu ini adalah kemudahan dalam mengupdate menu. Kita tidak perlu mencoret dengan spidol, menempelkan harga baru, atau harus mencetak menu baru lagi, seperti pada menu konvensional. 

Untuk Anda yang ingin menggunakan sistem ini tentu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat QR code menu restoran. Berikut sedikit penjelasan tentang cara membuat QR code menu restoran. Yuk simak informasi selengkapnya di sini!

5 Cara Membuat QR Code Menu Restoran

QR code atau Quick Response code adalah kode matriks dua dimensi yang dapat dipindai oleh perangkat seperti smartphone untuk membuka konten digital, seperti menu restoran. Berikut beberapa cara membuat QR code menu restoran:

Persiapkan Menu Digital

Sebelum membuat QR code, pastikan Anda sudah memiliki versi digital dari menu restoran Anda. Menu digital dapat dibuat dalam format PDF atau mengunggahnya ke layanan cloud atau dapat juga Anda membuat web khusus yang berisi menu Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buat menu digital yang berisikan daftar makanan atau minuman dari restoran Anda. Dapat berupa desain atau web.
  • Pastikan menu digital Anda sudah mencakup semua informasi yang diperlukan untuk pemesanan makanan seperti, nama dan harga makanan.
  • Simpan file tersebut ke dalam format PDF atau dapat mengunggahnya ke layanan cloud yang dapat menampilkan menu digital Anda.

Generate QR Code Menu Restoran

Untuk membuat QR code kita membutuhkan aplikasi QR code generator yang dapat ditemukan secara online dan gratis. Ada banyak alat online gratis untuk membuat QR code, seperti QR Code Generator, QRStuff, atau QR Code Monkey. Langkah-langkahnya :

  • Pilih platform QR code generator yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pastikan platform tersebut mendukung jenis konten yang ingin Anda gunakan seperti PDF atau link tautan yang mengarah ke menu digital restoran Anda.
  • Untuk file PDF Anda perlu mengunggah file tersebut ke web QR Code generator, sedangkan yang berbentuk link tautan, Anda cukup memasukkan link nya ke dalam kolom yang tersedia.
  • Sesuaikan desain QR code yang akan dihasilkan sesuai kebutuhan Anda. Contohnya, Anda dapat menambahkan logo sekaligus nama restoran, mengubah warnanya, dan kustomisasi lainnya yang tersedia. Hal ini diperlukan agar nantinya QR code yang dihasilkan terlihat profesional dan menarik.
  • Klik tombol generate untuk mendapatkan QR Code. Platform akan mulai membuat QR code sesuai dengan desain yang Anda custom sebelumnya. 
  • Selesai. Unduh file QR code sesuai dengan format yang diinginkan, biasanya berbentuk PNG atau SVG.

Mencetak dan Menempatkan QR Code

Setelah Anda mengunduh QR code tadi, Anda dapat segera mencetak nya. Anda dapat mencetaknya dalam bentuk kertas maupun alat bantu restoran seperti dicetak pada tanda nomor meja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan file QR Code yang telah diunduh.
  • Cetak file tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda melalui penyedia jasa cetak atau mencetaknya sendiri. Anda dapat mencetaknya dalam bentuk kertas, atau mencetaknya pada tanda nomor meja.
  • Pastikan saat mencetak pilih opsi cetak dengan kualitas paling tinggi, atau jika menggunakan jasa cetak, mintalah kepada penyedia jasa untuk dicetak dengan kualitas tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko QR code sulit dipindai.
  • Setelah hasil cetakan QR code jadi, letakkan di beberapa tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan, seperti di tiap meja atau di depan pintu masuk.

Uji Coba QR

Langkah selanjutnya dari cara membuat QR code menu restoran adalah dengan melakukan uji coba. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap QR code yang tersedia dapat digunakan oleh pelanggan secara mudah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan perangkat yang akan digunakan untuk memindai QR code tersebut.
  • Lakukan pemindaian satu persatu terhadap QR code yang tersedia.
  • Saat uji coba QR code dilakukan, pertimbangkan apakah QR code mudah dijangkau oleh pelanggan. Jika tidak, pindahkan QR code ke tempat yang lebih mudah dijangkau pelanggan.

Pemberian Informasi tentang QR

Selanjutnya Anda perlu memberikan instruksi sederhana tentang penggunaan QR code tersebut kepada pelanggan. Hal ini diperlukan untuk membantu pelanggan yang kebingungan dalam penggunaan QR code menu restoran. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buatlah instruksi sederhana dalam bentuk sebuah desain atau cukup hanya tulisan saja
  • Cetak hasilnya sesuai kebutuhan. Anda dapat mencetaknya dalam bentuk poster yang besar maupun kertas.
  • Setelah berhasil dicetak, letakkan di tempat yang mudah dilihat oleh pelanggan. Seperti, jika hasil cetakan berupa poster besar, Anda dapat meletakkannya di depan pintu masuk.

Setelah mengikuti cara di atas, akhirnya QR code menu restoran siap digunakan di restoran Anda. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala terkait penggunaan QR code tersebut untuk meminimalisir kendala yang dapat terjadi kedepannya.



5 Fitur yang Harus Ada dalam Menu Restoran Digital

Sampai di sini semoga Anda sudah paham tentang cara membuat QR code menu restoran ya. Selain mengetahui cara membuat QR code menu restoran di atas tadi, Anda juga perlu mengetahui apa saja fitur yang harus ada dalam menu restoran digital.

Hal ini cukup penting untuk diketahui agar kita dapat mengetahui menu digital terbaik untuk restoran kita. Berikut beberapa fitur yang harus ada dalam menu restoran digital, antara lain: 

Deskripsi Makanan dan Minuman yang Jelas

Salah satu fitur yang terdapat pada menu digital ada kemampuannya untuk dapat menampilkan deskripsi jelas tentang makanan dan minuman yang tersedia. Hal ini akan memberikan kemudahan pada pelanggan untuk lebih mengetahui makanan atau minuman apa yang ingin dipesan.

Selain itu, dengan sistem menu digital yang mendukung sinkronisasi, Anda dapat dengan mudah mengupdate menu kapan saja secara real-time. Seperti mengubah nama makanan, harga makanan, mengupdate jumlah stok makan yang tersedia, hingga menambah maupun mengurangi jumlah menu.

Opsi Kustomisasi 

Terdapat opsi kustomisasi pada tiap makanan atau minuman bagi pelanggan untuk menyesuaikan pesanannya. Seperti, ada pelanggan ingin memesan makanan pedas dengan tingkat kepedasan tertentu. Dengan fitur ini, memungkinkan pelanggan dapat memilih antara kepedasan tingkat kecil, sedang, atau sangat pedas sesuai dengan selera.

Umpan Balik dan Rating

Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk memberikan umpan balik atau rating seperti, kualitas pelayanan restoran atau seenak apa rasa makanan atau minuman dari restoran Anda. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik restoran dapat mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan, dan memperbaiki layanan.

Integrasi dengan Sistem Pembayaran 

Dengan sistem pembayaran telah terintegrasi, pelanggan dapat dengan mudah membayar pesanannya, dengan berbagai pilihan opsi pembayaran baik online maupun tunai. Selain itu, pelanggan juga tidak perlu antri membayar karena pembayaran dapat dilakukan cukup melalui smartphone masing-masing. 

Pemberitahuan dan Notifikasi 

Fitur ini membantu pelanggan untuk melacak informasi tentang status pesanan. Apakah pesanan masih mengantri untuk dimasak, sedang dimasak, siap diambil atau sedang diantar ke pelanggan. Hal ini akan memberikan kepastian kepada pelanggan bahwa pesanan sudah diterima dan sedang diproses.

Kembangkan Menu Restoran Digital dengan Fitur Terkini di Pinnacle Tech Vision!

Demikian pembahasan tentang cara membuat QR code menu restoran dan fitur utama dari menu restoran digital. Dengan menggunakan QR code menu, Anda dapat meningkatkan pelayanan restoran dengan lebih efektif dan efisien.

Membuat QR code menu restoran memang terlihat mudah dah simpel. Anda tidak membutuhkan banyak alat untuk membuatnya. Akan tetapi, dalam mengembangkan fitur – fitur bagus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan itu cukup sulit dan membutuhkan banyak waktu. 

Tenang saja, di sinilah Pinnacle Tech Vision hadir sebagai solusi atas permasalahan Anda. Pinnacle Tech Vision menyediakan jasa pembuatan platform menu restoran digital yang praktis dan dapat digunakan dengan QR code sesuai kebutuhan restoran Anda. 

Segera konsultasikan kebutuhan platform menu restoran digital dengan QR code Anda, dan dapatkan uji coba gratis selama 30 hari dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol yang ada di bawah ini!