Marketing & Sales

Perangkat Lunak CRM: Solusi Cerdas Mengelola Hubungan Pelanggan

perangkat lunak crm

Menjaga hubungan baik secara personal dengan pelanggan menjadi salah satu faktor yang penting dalam keberhasilan sebuah strategi pemasaran. Salah satu cara paling efektif untuk dapat mengelola hal ini dengan mudah adalah menggunakan perangkat lunak CRM.

Kini berbagai macam bisnis sudah mulai menggunakan perangkat lunak CRM. Kemudahan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dalam satu aplikasi menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi ini banyak digunakan. Fitur-fitur seperti manajemen kontak, pelayanan pelanggan, hingga data analisis misalnya, telah menjadi incaran para pelaku bisnis.

Tak hanya itu, kehadiran aplikasi CRM juga memungkinkan perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional. Adanya kemampuan otomasi yang didukung dengan banyaknya fitur yang ada dalam satu aplikasi, memungkinkan perusahaan dapat mengalokasikan waktu lebih untuk fokus pada penyusunan strategi bisnis.

Artinya, kehadiran aplikasi CRM cukup memudahkan perusahaan untuk tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Karena itulah, cukup penting untuk mengetahui lebih dalam tentang aplikasi CRM ini. Mari kita simak sedikit penjelasannya sebagai berikut.

Mengenal Perangkat Lunak CRM

Seperti yang sudah kita pahami sebelumnya, perangkat lunak CRM dapat memberikan kemudahan kepada kita dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Lalu, bagaimana penjelasan tentang aplikasi ini dan mengapa banyak perusahaan telah mulai menggunakan aplikasi ini?

Perangkat lunak CRM adalah software yang dirancang untuk membantu mengelola hubungan jangka panjang antara pelanggan dengan perusahaan. Dengan perangkat lunak ini, perusahaan dapat memberikan pemberitahuan promosi atau penawaran layanan.

Selain itu, software ini juga dapat menganalisis data pelanggan dan memberikan perusahaan insight yang berharga. Jadi, wajar saja jika banyak perusahaan yang menggunakannya.

9 Fitur Utama Perangkat Lunak CRM

Daya tarik perangkat lunak CRM tentu tidak terlepas dari faktor banyaknya fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Untuk lebih lengkapnya, sebagai berikut.

Manajemen Kontak

Fitur aplikasi CRM manajemen kontak membantu anda untuk mengelompokan dan mengumpulkan kontak yang berisi informasi terperinci dari pelanggan maupun prospek dengan mudah dalam satu aplikasi. Hal ini dapat dijadikan dasar oleh perusahaan dalam penyusunan strategi pemasaran yang sesuai.

Manajemen Penjualan

Fitur CRM ini membantu tim penjualan dalam melacak peluang penjualan hingga memprediksi pendapatan. Dengan CRM, tim dapat melihat status dari setiap prospek atau pelanggan dalam proses penjualan untuk memastikannya berjalan dengan optimal.

Otomatisasi Pemasaran

Fitur otomasi pemasaran yang tersedia pada aplikasi CRM, memungkinkan perusahaan untuk menjalankan kampanye pemasaran yang dapat dikustomisasi. Fitur ini memberikan kemudahan kepada perusahaan anda untuk menargetkan pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk anda secara lebih efisien dan efektif.

Layanan Pelanggan

Sistem CRM menyediakan fitur layanan pelanggan yang dapat membantu anda untuk mengelola laporan kendala pelanggan dan memberikan dukungan pelanggan. Fitur ini juga memungkinkan tim layanan pelanggan dapat melacak, mengelola, dan menyelesaikan masalah pelanggan secara efisien. 

Pada beberapa aplikasi CRM juga menawarkan fitur chatbot yang dapat diintegrasikan dengan saluran komunikasi seperti telepon, email, dan media sosial. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan efektivitas layanan pelanggan dalam menerima keluhan maupun kendala pelanggan.

Analisis dan Pelaporan

Dalam aplikasi CRM terdapat fitur analisis dan pelaporan yang akan memberikan informasi mendalam tentang data pelanggan dan kinerja bisnis anda. Fitur ini dapat memberikan bantuan kepada kita dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk perkembangan bisnis.

Manajemen Tugas

Sistem CRM menyediakan fitur untuk manajemen tugas yang membantu tim dalam mengatur jadwal, mengatur pertemuan, dan mengingatkan tentang tenggat waktu secara otomatis. Hal ini memungkinkan perusahaan dalam membantu menjaga produktivitas dan memastikan tidak ada tugas maupun tahapan penting yang terlewatkan.

Integrasi dengan Aplikasi Lain

Fitur integrasi memungkinkan aplikasi CRM untuk dapat berjalan dengan lancar bersama dengan aplikasi atau alat bisnis lain yang digunakan oleh perusahaan. Tidak hanya menyederhanakan operasi, hal ini juga memberikan peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam proses bisnis anda secara keseluruhan.

Akses Mobile

Aplikasi mobile menjadi salah satu hal penting bagi semua aplikasi, tidak terkecuali dengan perangkat lunak CRM. Terdapat banyak aplikasi CRM yang sudah dapat diakses secara mobile melalui smartphone. Hal ini akan memudahkan tim yang bekerja di lapangan untuk tetap berkolaborasi.

Keamanan Data

Mengingat banyaknya informasi sensitif seperti data pelanggan atau prospek, fitur keamanan ini menjadi hal yang penting. Fitur ini mencakup enkripsi data, mengatur kontrol akses, dan audit log. Hal ini memungkinkan anda untuk memastikan data pelanggan tetap aman. 



7 Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak CRM

Pada penjelasan sebelumnya, kita telah mengetahui berbagai macam fitur yang tersedia dalam perangkat lunak CRM. Jika dapat memaksimalkan fitur-fitur tadi, tentu kita akan merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi CRM ini. Berikut beberapa manfaatnya, antara lain:

Peningkatan Efisiensi Operasional

Penggunaan aplikasi CRM dapat memberikan kemampuan untuk mengotomatisasi berbagai kegiatan bisnis, seperti pengelolaan kontak, dan pelacakan interaksi pelanggan. Dengan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk beberapa kegiatan, tim dapat lebih fokus pada kegiatan yang lebih strategis seperti penjualan atau layanan pelanggan.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan aplikasi CRM yang memiliki kemampuan untuk menyimpan semua informasi pelanggan dalam satu tempat, akan mempermudah tim layanan pelanggan dalam memberikan layanan secara lebih efisien. Riwayat interaksi yang mudah diakses, memberikan kemudahan bagi tim untuk menyelesaikan masalah pelanggan secara tepat.

Dengan pelayanan yang cepat, penyelesaian kendala yang tepat, serta pemberian solusi yang sesuai, tingkat kepuasan sekaligus reputasi perusahaan di mata pelanggan akan meningkat. Sebagai konsekuensi lebih lanjut, loyalitas pelanggan kepada perusahaan kita pun juga ikut meningkat.

Meningkatkan Penjualan

Penggunaan aplikasi CRM akan membantu meningkatkan penjualan dengan mempelajari peluang. Dengan memiliki analisis yang jelas tentang status setiap prospek dan peluang, tim penjualan dapat mengelola waktu secara lebih efektif dan meningkatkan tingkat konversi dalam pemasaran.

Memudahkan Kolaborasi Antar Tim

Penggunaan aplikasi CRM, memungkinkan berbagai departemen dalam perusahaan untuk berbagi informasi dan bekerja sama secara lebih efisien. Misalnya, tim layanan dapat bekerja sama dengan tim teknisi dengan langsung menyalurkan keluhan pelanggan agar dapat segera dilakukan perbaikan dari produk yang bermasalah.

Analisis Data yang Mendalam

Aplikasi CRM menyediakan alat analisis yang kuat untuk mengevaluasi kinerja bisnis. Dengan kemampuan untuk menghasilkan laporan yang dapat disesuaikan, perusahaan dapat mendapatkan informasi yang mendalam. Misalnya seperti, efektivitas kampanye pemasaran, preferensi pelanggan, dan lainnya.

Dari informasi ini, nantinya diharapkan dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik kedepannya. Selain itu, juga dapat mempermudah perusahaan dalam penyusunan strategi pemasaran yang paling efektif dan sesuai untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan banyak pelanggan.

Mempermudah Pemasaran

Dengan data pelanggan yang telah tersimpan, aplikasi CRM memungkinkan untuk melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan berbagai kriteria seperti demografi, riwayat pembelian, dan interaksi pelanggan sebelumnya. Hal ini memberikan kemudahan untuk perusahaan dalam membuat kampanye pemasaran dengan lebih efektif dan tepat.

Keamanan Data yang Lebih Baik

Perangkat lunak CRM sudah pasti dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih untuk melindungi data pelanggan. Dengan kemampuan seperti enkripsi data, kontrol akses, dan audit log yang tersedia, menjadi jaminan bahwa seluruh data yang tersimpan aman.

Salah satu rekomendasi software CRM terbaik adalah, all in one CRM solution system yang disediakan oleh Pinnacle Tech Vision. Aplikasi CRM all in one Entis telah membantu banyak perusahaan dalam peningkatan penjualan, peningkatan produktivitas, dan memaksimalkan pelayanan pelanggan.

Dapatkan uji coba Aplikasi CRM Entis selama 30 hari penuh dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol yang ada di bawah ini!