Manufacturing

4 Manfaat ERP Perkebunan Kelapa Sawit untuk Bisnis Sukses

manfaat erp perkebunan kelapa sawit

Perkebunan merupakan salah satu sektor penting penyumbang devisa negara. Termasuk perkebunan kelapa sawit, yang dapat memberikan dampak sangat luas bagi masyarakat dan pembangunan nasional. Akan tetapi faktanya, perkebunan kelapa sawit pada dasarnya melibatkan sejumlah tahapan proses yang cukup kompleks dalam pengelolaannya.

Proses-proses seperti pemantauan lahan, perencanaan produksi, perencanaan distribusi, hingga manajemen keuangan tentu saja membutuhkan waktu dan sumber daya yang cukup banyak. Karena itulah, perkembangan teknologi sekarang menghadirkan software untuk mengatasi masalah ini, yaitu ERP perkebunan kelapa sawit. 

Ada banyak manfaat ERP perkebunan kelapa sawit yang bisa kita dapatkan. Salah satu nya adalah pemantauan seluruh proses hanya dengan satu tampilan. Dengan begitu, kegiatan operasional dapat berjalan dengan lebih efisien dan optimal.

Selain itu tadi, masih banyak lagi manfaat ERP perkebunan kelapa sawit lain yang dapat memudahkan pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Untuk dapat mengetahui apa saja manfaatnya secara lebih mendalam, mari kita simak penjelasan berikut.

Mengenal ERP Perkebunan Kelapa Sawit

Software ERP adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan untuk mengelola berbagai macam proses bisnis. ERP menyatukan berbagai macam proses bisnis perusahaan secara otomatis sehingga setiap tahapan tersebut saling terkoordinasi dan terintegrasi.

Ada banyak manfaat ERP perkebunan kelapa sawit yang dapat membantu proses pengelolaan. Contohnya, seperti meningkatkan efisiensi waktu operasional karena proses bisnis yang sudah saling terintegrasi dan terpusat pada satu platform saja.

Selain itu, ada contoh lain dari manfaat ERP perkebunan kelapa sawit lagi. Misalnya, seperti pengelolaan inventaris dan aset yang lebih baik, efisiensi biaya operasional, pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat, dan lain sebagainya. 

4 Manfaat ERP Perkebunan Kelapa Sawit

Seperti yang telah kita bahas sedikit di atas, terdapat banyak manfaat ERP perkebunan kelapa sawit. Dengan sistem yang bisa terintegrasi dengan baik, berikut beberapa manfaat yang dapat kita rasakan selengkapnya:  

Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas

Penggunaan software ERP, akan memberikan kita efisiensi waktu yang lebih baik dan efektif dalam pengelolaan perkebunan. Hal ini dapat terjadi karena, dengan ERP semua data operasional perkebunan kelapa sawit dapat diakses dan dikelola hanya dalam satu sistem yang telah terintegrasi.

Meningkatkan Produktivitas

Dengan penerapan ERP pada perkebunan kelapa sawit, anda dapat mengotomasi berbagai proses atau kegiatan bisnis yang ada. Beberapa contohnya seperti pemantauan kelapa sawit, pengelolaan produksi, pemrosesan pesanan, pengelolaan proses distribusi hasil produksi, dan masih banyak lagi. 

Dengan begitu, ERP memungkinkan proses atau kegiatan bisnis di sebuah perkebunan menjadi lebih produktif karena waktu dan tenaga karyawan tidak terbuang sia sia. Selain itu juga, ERP dapat mengurangi kesalahan manusia yang biasanya dapat terjadi saat proses pengelolaan dilakukan secara manual. 

Pengelolaan Inventaris yang Lebih Baik

Penggunaan ERP dapat membantu dalam pengelolaan inventaris perkebunan kelapa sawit dengan menyediakan informasi secara real-time. Contohnya seperti informasi tentang stok bahan baku, ketersediaan peralatan, dan produk akhir. Hal ini dapat mempermudah pengelola untuk membuat perencanaan inventaris yang lebih akurat.

Meningkatkan Daya Saing

Manfaat ERP perkebunan kelapa sawit yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan dari perkebunan kelapa sawit. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya efisiensi waktu operasional, manajemen rantai pasokan yang lebih baik, dan pembuatan perencanaan yang lebih akurat.

Dengan begitu, perusahaan dapat memperkuat posisinya di pasar global, menarik atau menambah pelanggan baru, dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama. Hal ini tentunya juga sekaligus akan berdampak pada kondisi keuangan yang menjadi lebih stabil.



5 Fitur ERP Perkebunan Kelapa Sawit

Agar kita dapat merasakan manfaat ERP perkebunan kelapa sawit tadi, tentu kita harus dapat memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Berikut beberapa fitur ERP yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola usaha perkebunan sawit:

Pemantauan

Fitur pertama dari software ERP adalah pemantauan atau monitor timeline jalannya proses bisnis. Dengan fitur ini, anda dapat memantau dan melacak bagaimana jalannya proses bisnis yang terjadi. Sekaligus dapat memastikan bahwa setiap proses bisnis berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Pada fitur ini, anda akan dapat melihat berbagai informasi tentang setiap proses bisnis mulai dari waktu mulai dan selesai, kelancaran proses, dan lain sebagainya. Dengan begitu, akan mempermudah anda mengidentifikasi kemungkinan hambatan yang terjadi sehingga memperkecil risiko kegagalan produksi.

Pengelolaan Manajemen Keuangan

Fitur ERP ini memungkinkan anda sebagai pengelola untuk dapat mengelola secara keseluruhan keuangan bisnis anda dengan lebih mudah. Dengan fitur ini, anda dapat memantau semua informasi seperti biaya pengeluaran dan pendapatan secara lebih akurat dan real-time.

Fitur ini juga dapat membantu dalam memberikan pelaporan keuangan yang lebih baik dan akurat sesuai dengan kondisi nyata. Hal ini akan memudahkan kita sebagai pengelola untuk dapat mengidentifikasi kemungkinan masalah keuangan yang akan terjadi dan membantu kita dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Fitur ERP ini memungkinkan anda untuk membantu pengelolaan tenaga kerja. Contohnya, seperti membuat penjadwalan kerja, memantau kehadiran, dan mengelola gaji tenaga kerja. Fitur Ini memastikan bahwa tenaga kerja dikelola dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pelaporan

Fitur ERP yang tidak kalah penting adalah pelaporan. Mampu menghasilkan pelaporan yang lengkap dan akurat tentu akan memberikan kemudahan kepada anda dalam penyusunan laporan. Dari sini, anda dapat memiliki acuan yang lebih solid untuk meningkatkan kualitas produksi.

Pengintegrasian Data

Fitur ERP yang selanjutnya adalah kemampuan integrasi data yang kuat. Fitur ini cukup penting karena menjadi salah satu kunci mengapa ERP dapat memudahkan anda untuk mengelola perkebunan. Dengan fitur ini, anda dapat mengintegrasikan semua proses bisnis menjadi satu.

Fitur ini memberikan manfaat ERP perkebunan kelapa sawit berupa kemudahan bagi anda sebagai pengelola untuk memastikan bahwa tiap tahapan proses produksi dapat bekerja secara efisien. Sekaligus memastikan capaian tujuan produksi yang telah ditetapkan sebelumnya dapat terpenuhi. 

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih ERP Perkebunan Kelapa Sawit

Dalam memilih software ERP, anda perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat benar – benar merasakan manfaat ERP perkebunan kelapa sawit. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software ERP yang sesuai dengan kebutuhan anda, yaitu :

Identifikasi Kebutuhan

Langkah pertama dalam memilih software ERP yang tepat adalah mengetahui apa saja kebutuhan dan tujuan dari penerapan ERP. Pertimbangkan aspek bagian mana saja pada perkebunan kelapa sawit anda yang memang perlu ditingkatkan, misalnya seperti pada bagian produksi atau bagian keuangan.

Hal ini akan sangat membantu anda sebagai pengelola perkebunan kelapa sawit untuk menemukan software ERP yang paling tepat. Dengan begitu, diharapkan setelah penerapannya, anda dapat langsung merasakan kemudahannya.

Periksa Fitur Keamanan yang Tersedia

Kebocoran data merupakan masalah yang cukup serius dalam tiap usaha. Oleh karena itu perhatikan juga fitur keamanan yang terdapat pada software ERP. Pastikan software ERP yang anda pilih memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga dapat mengecilkan risiko kebocoran data operasional. 

Pastikan Memiliki Integrasi Data yang Baik

Pastikan software ERP pilihan anda cocok dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke semua sistem yang telah ada sebelumnya. Dengan begitu, diharapkan seluruh proses bisa saling berintegrasi dengan baik dan menghasilkan informasi atau data yang lebih akurat secara real-time. 

Menyediakan Dukungan Teknis

Software ERP yang baik pastinya memiliki dukungan teknis yang baik. Pastikan anda mengetahui apa saja dukungan teknis yang ditawarkan oleh tiap software ERP sebelum anda memutuskan untuk memilihnya. Langkah ini akan membantu meminimalisir risiko penambahan biaya untuk dukungan teknis tambahan kedepannya.

Menggunakan Mode Uji Coba ERP

Untuk menemukan software ERP yang paling sesuai, anda bisa meminta demo atau uji coba terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Ini memungkinkan anda untuk mengetahui apakah tampilan dan fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Itulah beberapa tips dalam memilih software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perkebunan kelapa sawit anda. Terakhir, pastikan software ERP yang nantinya anda pilih sudah sesuai dengan keinginan dan tujuan agar dapat merasakan langsung manfaat ERP perkebunan kelapa sawit.

Jika anda masih bingung mencari software ERP mana yang sesuai, segera konsultasikan kebutuhan anda dengan kami, Pinnacle Tech Vision. Dapatkan uji coba gratis selama 30 hari dengan menghubungi tim Pinnacle Tech Vision melalui link berikut ini, atau dengan mengklik tombol yang ada di bawah ini!